12 PARTAI POLITIK DI MIMIKA RESMI DAFTARKAN CALEG

share on:
Suasana Partai Nasdem Mimika saat mendaftar ke KPUD Mimika (Jubi/Eveerth)

Timika, 22/4 (Jubi) –Sebanyak 12 Partai Politik (Parpol) kontestan Pemilu Legislatif, akhirnya resmi mendaftarkan daftar calon sementara (DCS) 2014 ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Mimika, di Timika, Senin (22/4).

Hal ini diakui oleh Sekretaris KPU Mimika, Bernadinus Songbes, kepada wartawan yang hadir di kantor KPUD Mimika, sekaligus menjelaskan, dari semua berkas yang masuk akan diverifikasi sesuai dengan ketentuan yang ada.

“Dengan demikian masa pendaftaran caleg telah ditutup pada tanggal 22 April 2013, pukul 16.00 WIT, sebagaimana 12 partai secara resmi sudah mendaftar juga, namun secara pasti jumlah caleg yang mendaftar secara total kami belum mengetahui, sehingga akan di verifikasi lagi,” katanya.

Adapun Parpol yang mendaftar, yakni PPP, PAN, PKS, Demokrat, PDI – P, PKPI, GOLKAR, GERINDRA, HANURA, PBB, NASDEM dan PKB.

Dijelaskan, pendaftaran memang ada batas waktu, yang mana batas waktu terakhir penyerahan daftar caleg pada tanggal 22 April pukul 16.00 WIT. Tidak ada perpanjangan waktu pendaftaran caleg, karena tanggal 23 April kami sudah mulai melakukan tahapan verifikasi.

“Berkas calon legislatif akan di verifikasi dan jika ada yang belum lengkap akan dikembalikan,” cetusnya.
Sebelumnya dari waktu yang diberikan, H- 1 yang menyerahkan daftar caleg yakni Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Golongan Karya (Golkar). Sementara 10 parpol lainnya hingga kini belum menyerahkan daftar caleg ke KPU Mimika, namun hingga Senin (22/4) akhirnya semua mendaftar.

“Setiap parpol peserta Pemilu Legislatif 2014 di Mimika berhak mengajukan caleg maksimal sebanyak 35 orang disesuaikan dengan jumlah kursi legislatif yang diperebutkan dalam Pemilu 2014,” ucapnya.

Parpol juga, katanya, diwajibkan harus mengusung caleg perempuan 30 persen atau sebanyak 11 orang.

“Dalam Pemilu Legislatif 2014. Ratusan caleg dari 12 parpol ini nantinya, akan memperebutkan 35 kursi yang tersedia di DPRD Mimika yang terbagi pada lima daerah pemilihan,” tandasnya.

Ditambahkan, untuk verifikasi dan komunikasi kelengkapan berkas selanjutnya bagi yang belum lengkap, kami minta hanya dua nama yang dipilih sebagai penghubung, dalam hal ini agar diperhatikan oleh partai politik.

Sementara itu, Ketua Partai Nasdem Mimika, Aser Gobai mengaku, berterimakasih atas diterimanya berkas daftar caleg yang telah di serahkan.

“Semua kami serahkan dan termasuk dengan kuota 30 persen perempuan juga sudah kami lengkapi,” katanya. (Jubi/Eveerth)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  12 PARTAI POLITIK DI MIMIKA RESMI DAFTARKAN CALEG