PAPUA BELUM MILIKI AHLI ARKEOLOGI

share on:
Penjabat Rektor Uncen, Festus Simbiak. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 22/4 (Jubi) – Penjabat Rektor Universitas Cenderawasih, Festus Simbiak mengatakan, hingga saat ini Provinsi Papua ini belum memiliki ahli arkelogi atau arkelog.

“Dengan tidak adanya arkeolog di Papua mengakibatkan sejumlah benda-benda budaya yang ditemukan di Papua ataupun yang telah dimuseumkan di Museum Expo Waena, Kota Jayapura belum dilakukan penelitian secara mendalam,” kata Festus Simbiak, Senin (22/4).

Menurutnya, Papua butuh arkeolog karena guna menganalisis lebih lanjut benda-benda budaya yang ada di Papua agar bisa diketahui maknanya lebih dalam.

“Kalau tidak nanti hanya sekedar kita pampangkan saja, tapi tidak memahami sesungguhnya apa yang dikandung di dalam barng-barang budaya yang ada ini. Sekarang memang kita belum punya arkeolog. Sama sekali, di Papua kita belum punya,” ujarnya.

Dikatakan ke depan, Universitas Cenderawasih sebagai perguruan tinggi terbesar di Papua akan membuka program studi arkeolog. “Hanya saja saat ini masih dilakukan persiapan tentang kelengkapan sumber daya manusianya atau SDM dan juga fasilitas lain,” kata Festus Simbiak. (Jubi/Arjuna) 

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PAPUA BELUM MILIKI AHLI ARKEOLOGI