BINTANG KEJORA BERKIBAR DI BIAK DAN FAKFAK

share on:
Morning Star Flag, berkibar di may day 2013 (jubi/ist)

Jayapura, 1/5 (Jubi)Rabu (1/5) pagi sekitar pukul 04.00  dan pukul 4.30 WIT, bendera bintang kejora berkibar  di dua daerah berbeda di Papua, masing-masing di Kabupaten Biak Numfor dan Kabupaten Fakfak. Di Fakfak, Bintang Kejora berkibar di halaman sekolah SD Inpres 2 Wagom sekitar pukul 04.00 WIT subuh. Sementara di Biak, Bintang Kejora berkibar di halaman Kantor Diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Biak Numfor yang beralamat di Kampung Ibdi, sekira pukul 04.30 WIT.

Fredy Warpopor, salah satu aktivis di Fakfak mengatakan, bendera bintang kejora  dikibarkan ditiang bendera sekolah SD Inpres 2 Kelurahan Wagom, Distrik Fakfak. “Bendera bintang kejora itu diikatkan dan dikibarkan ditiang bendera SD Inpres 2 Wagom,” kata Fredy saat dikonfirmasi tabloidjubi.com, via ponsel, Rabu (1/5) pagi.

Menurutnya, bendera itu dilihat pertama kali olehAgustina, salah satu guru di sekolah itu setelah ke sekolah sekitar pukul 6.45 WIT. Karena melihat bendera berkibar, Agustina menghubungi kepala sekolah, Lusia Hegemur. Mendengar informasi itu, Lusia langsung bergegas menuju sekolah. Ketika sampai disekolah, aparat kepolisian setempat sudah berada di halaman sekolah lalu menurunkan bendera tersebut dan meminta keterangan terkait pengibaran bendera ke Agustina, ibu guru yang pertama melihat bendera berkibar. “Ibu kepala sekolah sampai di sekolah, bendera sudah diturunkan oleh aparat kepolisian,” kata Fredy lagi.

Lusia Hegemur saat dikonfirmasi, membenarkan pengibaran bendera di halaman sekolah yang di pimpinnya. “Ia benar, ada pengibaran di halaman sekolah. Saya sampai disekolah bendera itu sudah di turunkan oleh polisi,” kata Lusia. Fredy mengaku, ketika mengkonfirmasi pengibaran bendera tersebut kepada Lusia, dirinya membenarkan ada pengibaran bendera bintang kejora di sekolahnya. “Ya benar, saya juga hubungi ibu Lusia, dia benarkan kalau ada bendera bintang kejora berkibar di halaman sekolahnya,” tuturnya.

Polisi menurunkan bendera sekitar pukul 07.00 WIT. Warpopor mengatakan, menurut informasi yang diperoleh dari warga yang bermukim di sekitar kompleks SD Inpres 2 Wagom, bendera tersebut  diprediksi berkibar sekitar pukul 04.00 WIT subuh. Pasalnya, tak ada  yang melihat pelaku yang menaikannya.  “Masyarakat yang tinggal disitu bilang bendera itu berkibar sekitar jam 04.00 subuh. Karena, tidak ada yang lihat,” ujarnya.

Sementara di Biak, bendera bintang kejora  dikibarkan di halaman Kantor Diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Biak Numfor di Kampung Ibdi. Frits Rumbino warga Biak, saat di konfirmasi tabloidjubi.com lewat telpon mengaku, bintang kejora berkibar di Kantor Diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Biak Numfor di Kampung Ibdi. “Benar, bintang kejora ada dikibarkan di kampung Ibdi, tepatnya di halaman Kantor Diklat Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Biak Numfor,” katanya.

Menurut Frits, informasi yang diperoleh dari warga Ibdi, bendera itu dikibarkan sekitar pukul 04.30 WIT. “Kami dapat informasi dari warga kalau bendera itu sudah dikibarkan sejak pukul 04.00 WIT,” tuturnya. Dia menambahkan, ketika informasi di peroleh, mereka langsung menuju lokasi. Ketika sampai di tempat pengibaran, aparat gabungan TNI/Polri menjaga ketat disekitar tiang bendera. “Kami pergi mau lihat bendera itu dari dekat, tapi aparat keamanan dari TNI/Polri sudah jaga ketat disekitar tiang bendera,” ungkapnya.

Hingga berita ini ditulis, belum ada konfirmasi dari aparat kepolisian di dua tempat tersebut.  Kapolres Fakfak, AKBP Rudolf Michael belum memberikan komentar soal pengibaran tersebut. Sementara, Kapolres Biak Numfor, AKBP Esterlina Sroyer BA saat dihubungi tabloidjubi.com untuk mengkonfirmasi pengibaran Bintang Kejora di Biak namun tak mengangkat telepon selulernya. Tak hanya di telepon, Esterina juga dimintai keterangan melalui pesan pendek (sms) namun tak membalas. (Jubi/Musa)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BINTANG KEJORA BERKIBAR DI BIAK DAN FAKFAK