KONTROL DAN PENGAWASAN DI TIAP SKPD MASIH LEMAH

share on:

Para kepala dinas dalam suatu kegiatan beberapa waktu lalu. Jubi/Ans

Merauke, 9/5(Jubi)Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menegaskan, kontrol dan pengawasan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah setempat masih lemah.

“Meski demikian, kekurangan yang ada, masih pada batas toleransi dan tetap menjadi perhatian agar harus diperbaiki pada waktu-waktu mendatang,”kata  Bupati Merauke saat ditemui tabloidjubi.com, Kamis  (9/5).

Menurutnya, berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan, penerimaan daerah dan capaian berjalan sesuai ketetapan dalam tahun 2013. “Saya melihat juga, perkembangan pengelolaan dana di masing-masing dinas, berjalan sangat bagus. Namun, masih terdapat beberapa kekurangan yang harus diperbaiki kembali,” katanya.

Secara umum, lanjut Bupati Merauke, kontribusi Pendatan Asli Daerah (PAD) di daerah ini, perannya masih sangat kecil, jika dibandingkan dengan kontribusi dari Dana Alokasi Umum (DAU). Juga Dana Alokasi Khusus (DAK) dari beberapa bidang strategis antara lain, kesehatan, pendidikan maupun  infrastruktur.

Kedepan, jelas Bupati Merauke, jika kabupaten ini ingin menjadi mandiri terutama dalam pendapatan, suka atau tidak suka, peran dalam pengelolaan penerimaan daerah, haruslah dioptimalkan baik  menyangkut potensi yang sudah dikembangkan maupun belum. Sehingga, Merauke dari tahun ke tahun akan menjadi lebih mandiri lagi.

“Ya, hasil evaluasi yang saya lakukan bersama para kepala dinas dari masing-masing SKPD, kesimpulan akhirnya adalah rata-rata penerimaan pengelolaan keuangan daerah, masih pada tingkat wajar, meskipun terdapat kekurangan secara administratif. Bahkan, terdapat kekurangan dari total penerimaan yang harus dicapai,” tandasnya.

Menyinggung tentang  kegiatan pelaksanaan fisik pembangunan di lapangan, Bupati Merauke menambahkan, dalam bulan ini juga sudah akan berjalan sesuai aturan yang diamanatkan. Apalagi telah memasuki musim kemarau dan diharapkan pekerjaan selesai tepat waktu. Sesuai rencana juga, sidang APBD-Perubahan, akan dilakukan pada Bulan Agustus 2013 mendatang. (Jubi/Ans)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KONTROL DAN PENGAWASAN DI TIAP SKPD MASIH LEMAH