PENCARIAN KORBAN LONGSOR MASIH TERUS BERLANJUT

share on:
Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol I Gede Sumerta Jaya (Jubi/Alex)

Jayapura (15/5) — Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol I Gede Sumerta Jaya mengatakan, sampai dengan saat ini pencarian terhadap korban longsor di areal Underground QMS Biggosan Mill 74 PT Freeport masih terus berlangsung.

“Saat ini anggota Polsek Tembagapura yang dipimpin langsung oleh Kapolres setempat masih terus melakukan evakuasi dengan cara memasukan oksigen ke lorong tempat terjadinya longsor, sehingga dari upaya tersebut sampai hari ini baru berhasil menyelamatkan 14 orang, dimana 10 orang masih hidup dan empat orang lainnya tewas,” kata Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol I Gede Sumerta Jaya kepada wartawan, di Jayapura, Rabu (15/5).

Menurut dia, empat orang tewas, diperkirakan meninggal akibat terkena longsoran langsung. “Kenapa upaya evakuasi ini terlambat walaupun menggunakan alat berat? karena longsoran yang digaruk dengan alat berat masih menimbulkan longsoran baru, sehingga samping kanan kiri dan bagian lainnya harus dipasangi papan terlebih dulu, guna menghindari longsoran baru yang lebih besar lagi,” tambahnya.

Dia menjelaskan, dari empat orang yang tewas, dua orang sempat tidak dapat dikenali lagi kerena tubuhnya terutama bagian lukanya hancur karena didapat bersama garukan longsor.

Saat ditanya apakah 10 orang yang selamat akan dievakuasi ke Jakarta, ujar Kabid Humas, untuk soal itu pihaknya belum tahu, karena rumah sakit yang ada di sana cukup bagus. “Menurut informasi yang kami dapat, korban yang selamat hanya mengalami luka-luka,” tambahnya.

Menyinggung soal berapa jumlah tim rescue yang diturunkan untuk pencarian korban, kata Dia, yang ada disana saat ini sekitar 50 orang yang melakukan evakuasi. “Jadi memang evakuasi dilakukan secara manual, dimana dengan cara menggaruk dengan alat berat. Kemudian bantuan 50 orang ini adalah untuk mengeluarkan longsoran-longsoran itu. Tim rescue adalah gabungan dari pihak PT Freeport dan aparat yang ada disana,” katanya.

Menurut informasi yang didapat, 10 korban selamat yang mengalami luka-luka atas nama, Muhtadi, Keni Wanggai, Ahmad Rusli, Andreas Lambert Msen, Florentinus, Alham, Leonardus Sparta, Hasbullah, Towali, Rudi Sitorus.

Sedangkan korban yang berhasil dievakuasi dalam keadaan meninggal dunia atas nama, Matius Marandov, Selpianus Edowai, Aan Nugraha, dan Yopinus Tabuni.(Jubi/Alex)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PENCARIAN KORBAN LONGSOR MASIH TERUS BERLANJUT