PT. FREEPORT DIMINTA UTAMAKAN KESELAMATAN KERJA

share on:
Puluhan karyawan PT. Freeport Indonesia, saat naik kerja dari Mile 32 Kuala Kencana dengan bis – bis karyawan yang disedikan perusahan (Jubi/Eveerth)

Jayapura, 15/5 (Jubi)Ketua Komisi D DPR – Papua, Yan Mandenas mengatakan, PT. Freeport Indonesia agar memperhatikan keselamatan para pekerjanya, terkakit adanya sebuah terowongan di fasilitas pelatihan runtuh menimpa puluhan karyawannya pada Senin (13/5) malam.

“Dengan kejadian ini, menjadi peringatan penting bagi perusahaan sekelas PT. Freeport, bahwa dalam mengoperasionalkan tambang bawah tanah memerlukan penelitian yang lebih mendalam dengan fasilitas pendukung yang memadai,” ujar Yan Mandenas, saat dikonfirmasi wartawan di Jayapura, Rabu(15/5).

Dikatakan, Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPR – Papua) ikut prihatin dan berduka atas peristiwa yang terjadi, namun tetap meminta adanya keterbukaan terhadap persoalan yang terjadi, terutama dalam menyelamatkan karyawan yang masih terjebak dalam terowongan.

Saat dikonfirmasi, Ketua bersama anggota Komisi D DPRD Papua yang membidangi infrastruktur dan pertambangan tengah berada di Bandung, Jawa Barat untuk mengikuti pelatihan tentang jalan dan jembatan serta infrastrukturnya.

“Walaupun sedang berada di luar daerah, namun kami memantau perkembangan yang ada, sehingga besar harapan untuk pekerja dapat lolos dan keluar dari reruntuhan terowongan yang ada dan tetap dalam kondisi yang aman dan sehat,” ujar Yan Mandenas, yang juga Ketua DPD Partai Hanura Provinsi Papua.

Pihaknya meminta, perlu adanya evaluasi kinerja dan fasilitas yang berada dalam pertambangan emas dan tembaga terbesar di dunia ini, sebab masalah yang terjadi saat ini harus menjadi pelajaran dalam mengukur kemampuan dan teknologi dibidang tambang. “Keselamatan pekerja sangat penting, terutama pekerja tambang dalam tanah, sehingga harus menjadi perhatian penting dari PT. Freeport,” pintanya. (Jubi/Eveerth)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PT. FREEPORT  DIMINTA UTAMAKAN KESELAMATAN KERJA