RILIS RESMI PTFI : LONGSOR DI BIG GOSSAN, TELAN 4 KORBAN JIWA

share on:
Situasi di Mile 72 usai longsor di Big Gosan (Dok. Jubi)

Jayapura, 15/05 (Jubi) – 4 korban jiwa, 10 selamat dan setidaknya 25 pekerja masih terperangkap di Big Gossan.

PT. Freeport Indonesia (PTFI) masih terus melakukan proses evakuasi korban longsor yang terjadi di areal tambang PT. Freeport Indonesia, Selasa (14/5) pagi.
“Hingga saat ini, proses penyelamatan terhambat dengan terbatasnya ruang gerak di dalam terowongan, hal tersebut membuat tim penyelamat tidak dapat menggunakan alat berat yang sangat dapat membantu proses pemindahkan reruntuhan.” kata Daisy Primayanti, Vice President Corporate Communications PTFI, dalam rilis pers PTFI yang diterima Jubi, sore ini (15/05).

Lanjut Daisy, sepanjang proses penyelamatan, tim hanya dapat mengunakan dongkrak manual, gergaji dan gerobak. Tim penyelamat PTFI kini masih bekerja bersama dengan inspektur pertambangan dari Departemen Pertambangan untuk menemukan cara terbaik dalam melanjutkan upaya penyelamatan dan pemulihan.

“Tim penyelamat PT Freeport Indonesia (PTFI) yang telah bekerja sepanjang malam telah berhasil untuk melakukan evakuasi terhadap 10 pekerja dan empat korban jiwa per pagi hari ini, setelah runtuhnya sebuah bagian terowongan di fasilitas pelatihan tambang bawah tanah Big Gossan, kemarin. Total 25 pekerja yang dipercaya masih terperangkap dalam reruntuhan dan proses penyelamatan dan pemulihan masih berlangsung hingga sekarang.” jelas Daisy.

Presiden Direktur PTFI Rozik B. Soetjipto, melalui rilis pers yang sama, mengucapkan penyesalannya atas musibah yang menimpa para pekerja PTFI ini.
“Hari ini merupakan hari yang sangat menyedihkan bagi kami. Doa dan dukungan terus kami berikan untuk para pekerja yang menjadi korban dan keluarganya Kami akan terus mengerahkan seluruh upaya yang terbaik untuk melakukan evakuasi bagi pekerja lainnya.“ kata Presdir PTFI ini.

Rozik juga mengatakan bahwa PTFI telah menghubungi keluarga korban dan akan memberikan bantuan yang diperlukan serta mendampingi keluarga korban dalam menghadapi situasi sulit ini

Keempat korban jiwa yang telah dapat diidentifikasi adalah Mateus Marandof, Selpianus Edowai, Yapinus Tabuni dan Aan Nugraha. Dari 10 pekerja yang telah berhasil dilarikan ke rumah sakit milik perusahaan di Tembagapura, semuanya pun kini telah berada dalam kondisi stabil. Salah satu diantaranya kini sedang diterbangkan ke Jakarta pada pagi hari ini untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Sedangkan lima pekerja yang selamat pun telah dijadwalkan untuk diterbangkan esok hari.

Insiden ini, menurut keterangan PTFI, terjadi di luar area kegiatan pertambangan, diperkirakan lokasi ini berjarak sekitar 500m dari pintu masuk tambang Big Gossan. (Jubi/Victor Mambor)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  RILIS RESMI PTFI : LONGSOR DI BIG GOSSAN, TELAN 4 KORBAN JIWA