DIAZ GWIJANGGE: INSIDEN AIMAS SARAT REKAYASA

share on:
Anggota DPR RI Asal Papua, Diaz Gwijangge. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 17/5 (Jubi) – Anggota DPR RI asal Papua, Diaz Gwijangge mengindikasi adanya rekayasa dalam kasus insiden tewasnya dua warga sipil di Distrik Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat 31 April lalu.

“Saya lihat ada rekayasa di sana. Sayang skenario itu tidak berjalan baik sehingga ada korban dan kembali Papua jadi sorotan dunia internasional. Ini yang tidak diantisipasi. Papua saat ini jadi sorotan dunia internasional. Itu fakta yang tidak bisa disembunyikan,” kata Diaz Gwijangge, Jumat (17/5).

Diaz Gwijangge juga mempertanyakan mengapa harus pihak kepolisian yang melakukan investigasi di Aimas. Menurut dia, harusnya yang melakukan investigasi adalah tim independen agar tidak terjadi kecurigaan akan adanya kecurangan.

“Kenapa pihak aparat sendiri yang melakukan investigasi. Harusnya kan lembaga independen yang melakukan investigasi agar benar-benar fair. Saya melihat ini ada upayah pembersihan atau menutupi sesuatu. Kan ada Komnas HAM dan lembaga lain seperti LSM, tokoh gereja yang bisa melakukan ini, kenapa mereka tidak dilibatkan,” ujarnya.

Ia juga tak yakin jika Bendera Bintang Kejora, Kartu Tanda Anggota (KTA) yang diklaim polisi sebagai barang bukti dan didapat saat penyisirah benar-benar milik masyarakat.

“Itu bisa saja direkayasa karena tidak ada pihak lain yang ikut investigasi dan saat penyisiran. Bisa saja itu dikatakan ditemukan saat penyisiran, padahal kita sendiri tidak tahu. Korban ini hanya tumbal. Ini lagu lama yang kembali dimainkan. Kasihan masyarakat jadi tumbal,” katanya.

Masih kata dia, orang Papua dibunuh, bukan berarti masalah selesai. Namun justru sebaliknya,  persoalan di Papua akan semakin disoroti duni internasional. “Harusnya kita cari solusi yang tepat yang menguntungkan semua pihak. Membunuh orang Papua tidak akan menyelesaikan masalah. Bisa dikatakan, aparat sendiri turut membesarkan isu HAM di Papua,” ujar Diaz Gwijangge. (Jubi/Arjuna) 

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DIAZ GWIJANGGE: INSIDEN AIMAS SARAT REKAYASA