PROSPEK SEBUAH KEBIJAKAN POSITIF

share on:
Yesaya Buiney (Jubi/Roberth Wanggai)

Mimika, 17/5 (Jub) – Program Rencana Strategi Pembangunan Kampung (Prospek) dinilai sebagai sebuah kebijakan yang sangat positif dan menguntungkan masyarakat di tingkat bawahnya. Penilaian itu dikatakan Bupati Kabupaten Waropen, Yesaya Buiney di Timika, Kabupaten Mimika.

Dia menilai Otonomi Khusus (Otasu) sebagai bagian dari kebijakan pemerintah provinsi. Sehingga pada tataran kebijakan pemerintah Provinsi Papua saat ini, mengimplementasikan pembagian dana 80 persen ke kampung dan 20 persen ke provinsi.

“Jadi kalau beliau (Gubernur Papua Lukas Enembe) ini membijaki untuk Otsus ini dibagi menjadi 80:20 ke daerah kabupaten, ini sesuatu yang sangat menguntungkan dan kita bersyukur sekarang dengan kebijakan tersebut,” ujar Buiney.

Kebijakan tersebut, kata Buiney, justru yang diinginkan setiap daerah, termasuk Kabupaten Waropen. “Itu yang bisa dirasakan oleh masyarakat karena dana Otsus itu. Sehingga adanya pembagian 80:20 ini, memberikan peluang ke daerah, karena daerah yang berhadapan langsung dengan masyarakat,” ungkap mantan Kepala Biro Kepegawaian Provinsi Papua itu.

Sehingga, kata Buiney, kebijakan yang dilakukan Lukas Enembe sebagai Gubernur Papua saat ini sangat bermanfaat sekali ke masyarakat. “Bahkan bukan saja ke kabupaten, tapi di seluruh masyarakat Papua pasti senang dan pasti jemput hal itu. Untuk Waropen, sesuai dengan pembagian selama ini 60:40. Tapi dengan 80:20 itu, berarti sudah pasti menguntungkan dan sudah pasti semua daerah menyambut itu,” ungkapnya. (Jubi/Roberth Wanggai)

Tags:
Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PROSPEK SEBUAH KEBIJAKAN POSITIF