ABDUL MUIS SIAP BERTARUNG DI PEMILUKADA MIMIKA

share on:
Abdul Muis (kiri) saat dilantik sebagai Bupati baru-baru ini di Mimika (Jubi/Roberth Wanggai)

Timika, 19/5, (Jubi) Dipercayakan dalam sisa waktu tujuh bulan memimpin Kabupaten Mimika, Bupati Abdul Muis menegaskan akan maju dalam pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di daerah itu.

Kepada wartawan usai dilantik sebagai Bupati oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe baru-baru ini di Mimika, Abdul Muis tidak pantang menyerah untuk bersaing di pesta demokrasi di daerah itu.

“Ya (saya) maju, di arena ini  saya tidak mundur. Dua bulan pun (atau) tiga bulan pun masa tidak bisa,”tegas Abdul Muis yang sebelumnya sebagai Wakil Bupati Mimika berpasangan dengan Klemen Tinal yang kini Wagub Provinsi Papua.

Dia mengatakan komitmennya untuk maju sebagai orang nomor satu pada pesta demokrasi di daerah itu, karena jauh-jauh hari dirinya sudah mempersiapkan diri.

“Sudah 3 tahun lalu saya siap diri,”ujar Abdu Muis yang enggan mengomentari partai pendukung terhadap dirinya. “Adalah partai. Cuman sementara masih dalam tahap ‘pacaran’ (dengan partai),”ungkapnya.

Dia juga tidak gentar dengan calon-calon lain. Bahkan dengan tegas lelaki asal Makasar itu mengatakan siapapun yang maju, dia melawan (bersaing) di Pemilukada Mimika tahun 2013. “Siap untuk bertarung,”tegasnya.

Masa jabatan Abdul Muis yang sisa tujuh bulan untuk mengakiri masa jabatan pada bulan Desember 2013. Gubernur Papua, Lukas Enembe bahkan berkomentar saat pelantikan ketika itu bahwa, sesungguhnya tidak akan ada banyak hal yang dapat dilakukan berkaitan dengan tugas dan tanggungjawab sebagai kepala daerah dalam memimpin penyelenggaraaan pemerintahan dan pelaksananaan pembangunan di wilayah Kabupaten Mimika.

Sebagaimana dalam Bab II Peraturan Pemerintah Nomor 6 tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan pengangkatan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah pasal 2, maka waktu efektif Abdul Muis untuk bekerja tinggal tersisa 2 bulan efektif.

“Sedangkan 5 bulan berjalan adalah waktu dimana DPRD akan menyampaikan pemberitahuan tentang berakirnya masa jabatan Bupati,”ingat  Lukas Enembe dalam sambutannya. (Jubi/Roberth Wanggai)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  ABDUL MUIS SIAP BERTARUNG DI PEMILUKADA MIMIKA