PENCACAHAN SEDIKIT TERKENDALA MASALAH TRANSPORTASI

share on:
Kepala BPS Jayawijaya, Ir. Trisno L. Tamanampo (JUBI/ISLAMI)

Wamena, 22/5 (Jubi) – Dua puluh dua hari sudah pelaksanaan Sensus Pertanian 2013 sejak dilakukan pencacahan 1 Mei, dan selama kurang lebih hampir sebulan ini pendataan terhadap segala macam bidang pertanian terlaksana dengan baik.

Meski begitu, pencacahan yang dilakukan petugas sensus di lapangan terjadi beberapa hambatan khususnya bagi Badan Pusat Statistik Jayawijaya di mana sedikit terkendala mengenai transportasi.

Menurut Kepala BPS Jayawijay, Ir. Trisno L. Tamanampo, perkembangan pelaksanaan Sensus Pertanian di Kabupaten Jayawijaya dan pemekarannya sudah berjalan sekitar 60 persen, khusus di Kota Wamena sendiri sudah terdata sekitar 80 persen.

“Ada satu daerah yang baru dilakukan pencacahan karena masalah transportasi yaitu di Distrik Benawa, Kabupaten Yalimo karena harus carter Pesawat. Kemarin ada kirim satu petugas untuk melatih petugas pencacah di sana, petugas di sana cuma enam orang saja yang dilatih, karena wilayahnya cuma beberapa desa saja sehingga sedikit terlambat,” ujar Trisno kepada tabloidjubi.com di ruang kerjanya, Rabu (22/5).

Dijelaskan pula, untuk kabupaten lainnya di wilayah Pegunungan seperti Kabupaten Lanny Jaya, Mamberamo Tengah, Yalimo dan Nduga sudah berjalan lancar, hanya saja kendalanya yaitu mobilisasi hasil pencacahan yang sudah dilaksanakan petugas di beberapa wilayah, dimana hasilnya harus dikirimkan kembali ke BPS Jayawijaya di Wamena.

“Tapi secara keseluruhan sudah berlangsung sebanyak 60 persen. Untuk Kabupaten Nduga sendiri ada wilayah yang kita latih di sana yaitu di Distrik Iyigi dan harus mencarter Pesawat juga. Kesulitan kita juga petugas terkadang jalan kaki, karena jika mencari penerbangan reguler kesulitan sehingga harus carter Pesawat,” jelasnya.

Trisno menambahkan, selama pelaksanaan Sensus Pertanian tahun ini ada dari berbagai kalangan masyarakat masih menanyakan maksud dan tujuan dari Sensus Pertanian.

“Hasil pencacahan di lapangan nantinya harus diedit lagi, dan akan memakan waktu sekitar 15 hari lagi,” tandasnya. (JUBI/ISLAMI)

Editor : Abe Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PENCACAHAN SEDIKIT TERKENDALA MASALAH TRANSPORTASI