WARGA KAWANUA PERSEMBAHKAN PATUNG BOLA DI KOTA JAYAPURA

share on:
Patung Bola yang dipersembahkan warga Kawanua Papua (Jubi/Roberth Wanggai)

Jayapura, 24/5, (Jubi) – Kerukunan Keluarga Besar Kawanua (KKBK) Provinsi Papua membuktikan partisipasi mereka dalam pembangunan Kota Jayapura. Salah satunya, mempersembahkan sebuah patung bola kaki yang terletak di jantung kota Jayapura atau tepanya di depan kantor  DRPP Papua.

“Si Tou Timou Tumou Tou,” demikian salah satu tulisan dibawah patung itu yang meminjam filosofi pahlawan nasional Dr. Sam Ratulangi asal Manado yang berarti, Manusia Hidup Untuk Memanusiakan Orang Lain.

“Monumen ini kita bangun dari paguyuban Kawanua. Ini kepedulian (keluarga) Kawanua terhadap warga dan pemerintah kota Jayapura di Papua,”ungkap Manajer Pelaksana bangunan, Dany Tamboto, Kamis, (23/5) malam di Taman Imbi Kota Jayapura.

Dia mengakui bahwa desain seluruhnya dari keluarga Kawanua. Sementara Bola yang berdiameter setengah meter itu bisa diartikan bola matahari terbit dari ufuk timur, juga bisa diartikan sebagai bola dunia dan Kota Jayapura adalah mininya Indonesia di kota Jayapura.
Ditambahkan Dany Tamboto karena sumber dananya dari keluarga Kawanua, makanya dikerjakan tidak ada target waktu. Disinggung soal dana pembangunan yang dihabiskan, Dany mengakui diperlukan Rp 115 juta.

Ketua KKBK Provinsi Papua, Yori Lumingkewas mengatakan pertimbangan dibangunnya monumen bola itu karena KKBK merespon program Walikota Jayapura dalam rangka bersih dan perindah kota Jayapura.

“Ini ada lambang bola, (namun) tidak khusus bola saja, tetapi bola dunia kecil di Jayapura. Kemudian kita ada di ufuk timur Indonesia dimana matahari terbit dari sini. Kita melambangkan itu dengan bola,”ujar politisi Partai Nasdem Provinsi Papua. Khusus untuk tiga tiang yang menopang bola, Yori Lumingkewas mengakui terkandung arti adat, pemerintah dan agama. (Jubi/Roberth Wanggai)

Editor : Ab Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  WARGA KAWANUA PERSEMBAHKAN PATUNG BOLA DI KOTA JAYAPURA