INVESTIGASI BIG GOSSAN LIBATKAN TIM INDEPENDEN

share on:
Usaha Evakuasi Korban Longsor Big Gossan Lalu. (Doc.Jubi)

Jayapura, 30/5 (Jubi) – Tim investigasi Polda Papua melibatkan tim independen dalam menyelidiki terjadinya longsor di area pertambangan PT. Freeport Indonesia, Big Gossan yang menewaskan 28 orang karyawan, Selasa (14/5) lalu.

Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol I Gede Sumerta Jaya ketika dikonfirmasi tabloidjubi.com mengatakan, tim independen tersebut berasal dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

“Kami juga mengikutsertkan tim Indenpenden dari Unhas, yang memahami teknologi terowongan bawah tanah. Ini guna mengetahui penyebab longsor di terowongan. Apakah karena kelalaian ataukah bencana alam,” kata I Gede kepada tabloidjubi.com, Kamis (30/5).

Menurutnya, tim investigasi dari Polda Papua di Pimpin Direktur Umum Reserse Kriminal Umum (Dir reskrim Um) Polda, Kombes Pol Bambang Priambada dibantu Polres Mimika serta Laboratorium Forensik (Labfor) Makassar.

“Sudah 17 orang yang diperiksa, terdiri dari manajemen PT. Freeport dan pekerja teknisi terowongan bawah tanah. Tim saat ini sedang bekerja mencari penyebab terjadinya longsor,” ujar I Gede.

Manajemen PT. Freeport dalam rilis persnya kepada tabloidjubi.com, Rabu malam (29/5) mengatakan, perusahaan raksasa itu kembali beroperasi setelah penyelidikan awal yang dilakukan Inspektur Tambang dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) selesai,

“ESDM telah memberikan rekomendasi terkait dengan kegiatan operasional perusahaan. Berdasarkan rekomendasi tersebut, kegiatan pemeliharaan telah dilaksanakan di fasilitas operasional tambang bawah tanah PT-FI dan diharapkan kegiatan produksi dapat segera dimulai setelah inspeksi yang dikoordinasikan dengan pejabat pemerintah yang berwenang. Kegiatan operasional di tambang terbuka dan di mill telah dimulai secara bertahap sejak  28 Mei 2013 lalu,” tulis Corcom PT FI dalam rilis persnya. (Jubi/Arjuna)

 

 

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  INVESTIGASI BIG GOSSAN LIBATKAN TIM INDEPENDEN