TAMBANG BAWAH TANAH FREEPORT MAKAN KORBAN LAGI

share on:
Lokasi tambang bawah tanah Freeport (Freeport Indonesia)

Jayapura, 31/05 (Jubi) – Tambang bawah tanah Deep Ore Zone (DOZ) di areal pertambangan PT Freeport Indonesia dilaporkan runtuh dan menyebabkan satu orang tewas.

DOZ, lokasi tambang yang berdekatan dengan Big Gozzan, Jumat (31/5/2013) pukul 13.00 WIT, runtuh. Akibat insiden ini, satu orang tewas. Berdasarkan keterangan Ketua DPC SPSI PT Freeport Indonesia, Virgo Solossa, satu korban tewas itu adalah pekerja tambang bawah tanah yang tertimbun luncuran lumpur.

Pihak Freeport, kepada Jubi meski tidak menyebutkan ada korban tewas, mengakui terjadinya insiden tersebut. Menurut Daisy Primayanti Vice President, Corporate Communications Freeport Indonesia, insiden kecelakaan terjadi saat dilakukannya kegiatan pemeliharaan yang telah disepakati di tambang bawah tanah DOZ. Materi bijih basah (wet muck) terus mengalir dari wadah penampung dan kemudian menutupi truk berikut operatornya.

“Aspek-aspek yang terlibat dalam kecelakaan ini tidak sesuai dengan panduan keselamatan perusahaan dalam hal penanganan wet muck dan kini sedang dilakukan proses investigasi terkait dengan kejadian tersebut.” kata Daisy (31/05).

Freeport, menyebutkan operator truk yang terlibat dalam kejadian ini telah dibawa ke Rumah Sakit Tembagapura dan kini dalam kondisi kritis. (Jubi/Eveert Joumilena)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TAMBANG BAWAH TANAH FREEPORT MAKAN KORBAN LAGI