MAHASISWA JANGAN BERORIENTASI JADI PNS

share on:

Merauke, Jubi (7/6)—Wakil Ketua Kadin Provinsi Papua, Adolf Alpius Asmuruf memberikan kuliah umum kepada para mahasiswa dan mahasiswi Universitas Musamus (Unmus) Merauke.  Kuliah umum yang berlangsung selama beberapa jam itu, dihadiri ratusan mahasiswa maupun mahasiswi serta Rekntor Unmus, Philipus Betaubun.
Dalam kuliah umumnya yang berlangsung di ruang pertemuan rektorat, Jumat (7/6), Alpius meminta kepada para mahasiswa dan mahasiswi terutama orang asli Papua agar tidak berorientasi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Karena kuota yang dipersiapkan juga sangat terbatas. Lebih baik mulai dari sekarang, melatih diri dengan membuka usaha kecil-kecilan, sehingga ketika selesai dari kuliah, dapat mengembangkan lebih besar lagi.
“Saya kira, jika ada niat dan kemauan serta komitmen kuat untuk menjadi pengusaha, yakin dan percaya, jalan akan terbuka lebar. Tetapi, dari sekarang harus memulai. Khusus kepada orang asli Papua agar berpikir juga untuk menjadi pengusaha di kemudian hari dan tidak hanya berorientasi menjadi seorang PNS. Kita punya sumber daya alam yang sangat banyak. Hanya sampai sekarang, belum dikembangkan,” kata Alpius.
Lebih lanjut Alpius yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) ini menjelaskan, prospek untuk menjadi seorang pengusaha, sangat menjanjikan, tetapi tergantung dari usaha yang digeluti dan keinginan serta kerja keras. “Saya ini merintis usaha dari nol dan sekarang, sudah dapat menikmati sendiri. Banyak  kegiatan yang dijalankan dan atau dilaksanakan,” kata jebolan  fakultas teknis itu dari salah satu universitas di Jawa beberapa tahun silam.
Diharapkan agar dari sekarang, meskipun para mahasiswa dan mahasiswi masih menyelesaikan studi, namun sudah bisa memulai merintis usaha apa saja yang dapat memberikan kontribusi sekaligus melatih kemandirian. Jika dari sekarang  memulai, tidak akan mengalami kesulitan setelah menyelesaikan studi dan kembali ke tengah masyarakat.
Sementara Rektor Unmus, Philipus Betaubun mengucapkan banyak terimakasih kepada  Wakil Ketua Kadin Provinsi Papua, Adolf Asmuruf yang telah meluangkan waktu untuk  datang sekaligus memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan mahasiswi Unmus.  Tentunya banyak manfaat didapatkan dari kuliah umum ini dan sebagai motivasi  bagi para mahasiswa agar dapat mandiri nanti setelah menyelesaikan studi. (Jubi/Ans)

Editor : Ab Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MAHASISWA JANGAN BERORIENTASI JADI PNS