PEMKOT JAYAPURA DORONG PERTUMBUHAN KOPERASI

share on:
Otniel Merauje saat membawakan sambutan mewakili Wali Kota Jayapura, pada pembukaan pelatihan bagi 60 peserta koperasi (Jubi/Eveerth)

Jayapura, 10/6 (Jubi)Kepedulian Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura membangun pertumbuhan dibuktikan dengan mengadakan pelatihan kepada 60 peserta dari berbagai koperasi yang tersebar di ibu Kota Provinsi Papua ini.

Hal ini disampaikan Walikota Jayapura, Benhur Tommy Mano, dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Kota Jayapura, Otniel Merauje, pada Acara pembukaan pelatihan manajemen kewirausahan bagi pengurus koperasi dilingkungan pemerintah Kota Jayapura di Aula Kantor BKKBN Provinsi Papuaa, di Kotaraja, Abepura, Kota Jayapura, Senin (10/6).

“Upaya Pemerintah Kota Jayapura dalam pembangunan perkoperasian dan usaha kecil dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan baik melalui kebijakan, fasilitas maupun peningkatan sumber daya manusia para pengelola koperasi,” kata  Asisten II Setda Kota Jayapura, Otniel Merauje, dalam sambutan Wali Kota Jayapura yang dibacakan.

Dijelaskan, koperasi dan usaha kecil merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dimana anggota koperasi adalah mereka yang memiliki kesamaan kepentingan ekonomi, sekaligus mereka adalah para pengusaha kecil dan mikro.

“Untuk itu, koperasi dan usaha kecil perlu terus didorong, agar mampu meningkatkan kapasitas usahanya, memiliki daya saing yang berorientasi pada mekanisme pasar,” paparnya.

Dia berharap, sesama anggota koperasi saling bekerjasama, sehingga tidak terkesan manajemen kebiasaan, yang mana masing – masing jalan sendiri – sendiri. “Koperasi dibentuk untuk mensejahterakan anggotanya serta masyarakat luas, sehingga harus ada kerjasama dan terbuka dalam setiap urusannya,” sarannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kota Jayapura, Sem Stenly Merauje  menjelaskan, pelaksanaan kegiatan ini berdasarkan Undang – Undangan Nomor 17 tahun 2012 tentang Koperasi serta Peraturan Daerah (Perda) Kota Jayapura Nomor 12 tahun 2008 tentang Organisasi dan tata kerja badan dan dinas daerah.

“Maksud dan tujuan pelatihan adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan pengelola koperasi dalam mengembangkan usahanya, agar mampu mandiri dan tangguh serta berkiprah sebagai wirausahawan dalam pengekonomian masyarakat,” katanya.

Peserta sebanyak 60 orang, katanya, selanjutnya akan mengikuti kegiatan hingga tanggal 14 Juni 2013 bertempat di  Aula BKKBN Provinsi Papua di Kotaraja. “Beberapa materi yang akan berikan selama pelatihan kewirausahan dan manajemen koperasi berjumlah 40 JPL yang terdiri dari materi pokok adalah perkoperasian, permodalan, akuntansi, perencanaan dan RAPBK serta kewirausahaan dan pemasaran,” paparnya. (Jubi/Eveerth)

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMKOT JAYAPURA DORONG PERTUMBUHAN KOPERASI