BANJIR SAMBUT PENGHARGAAN ADIPURA KOTA JAYAPURA

share on:
Banjir jalan raya abepura entrop – Jayapura Selatan (Jubi / Indrayadi TH)

Jayapura, 12/6 (Jubi) – Penghargaan Adipura tunda dulu, Benahi semuanya baru dapatkan Adipura. Begitulah penuturan seorang warga bernama Faustino Wakum (20) yang terjebak banjir luapan kali entrop, tepatnya di samping kantor lurah Entrop, Jayapura Selatan sejak pukul 22.00 – 04.00 wit dini hari.

Penghargaan Adipura yang di dapat Kota Jayapura di sambut dengan banjir di berbagai titik kota jayapura. Dari data yang dihimpun tabloidjubi.com banjir yang menghiasi kota jayapura antara lain Perumnas 3, Youtefa, Kotaraja, Entrop, Jantung kota jayapura dan beberapa titik lainnya.

Jembatan entrop yang menjadi langganan tetap setiap hujan mengguyur kota jayapura kurang lebih dua jam, Sejak pukul 22.00 wit air kali meluap keluar ke ruas jalan raya hingga setinggi pinggang orang dewasa. Tidak hanya ruas jalan raya menjadi sasaran air luapan yang membawa lumpur serta bebatuan kecil, Puluhan rumah warga pun jadi sasaran banjir.

Luapan air berlumpur ini membuat arus lalu lintas macet total kurang lebih selama tujuh jam. Salah seorang warga, Faustino Wakum 20 thn menuturkan “Dengan adanya banjir seperti ini agar Bapak Walikota bisa buka mata dan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan” (12/6).

Disinggung soal Kota Jayapura salah satu dari 149 kota yang mendapatkan penghargaan Adipura. “Tunda lagi beberapa tahun kedepan untuk membenahi ini semua, Baru dapatkan penghargaan Adipura.” lanjut calon mahasiswa Universitas Cenderawasih ini.

Banjir ini juga mengakibatkan satu unit mobil dan motor sempat hanyut beberapa meter saat melintasi luapan banjir dengan arus yang kuat naik ke ruas jalan raya. Beruntung antusias warga setempat dan beberapa pengendara turut membantu, Hingga banjir jembatan di jalan abepura entrop ini tidak memakan korban.

Kondisi serupa terjadi di Distrik Abepura, sejumlah karyawan ruko di jalan gerilyawan terpaksa kerja keras untuk membersihkan ruko mereka dari terjangan banjir, sementara itu di Asrama Polisi Abepura sejumlah penghuni rumah tidak dapat tidur, akibat rumah mereka terendam banjir.”Sebaiknya dilakukan evaluasi dan perbaikan yang benar. Masa setiap hujan deras turun, terjadi banjir di mana-mana, bahkan lebih parah lagi. Sebelumnya, hanya dua rumah yang kena banjir, sekarang 5 rumah di kompleks ini yang terserang banjir,” tandas Ibu Agustina Aebekop.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup, Prof. Dr. Balthazar Kambuaya mengatakan, penganugerahan penghargaan Adipura dan penghargaan lingkungan lainnya dalam rangka peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dilangsungkan di Istana Presiden dan diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Tahun ini sebanyak 149 kota dari 374 kabupaten/kota meraih penghargaan Adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup karena dianggap berhasil dalam peningkatan kinerja pengelolaan lingkungan perkotaan, dengan demikian meningkat dari tahun 2012 sebanyak 125,” kata Berth Kambuaya, yang juga mantan Rektor Universitas Cenederawasih (Uncen) Jayapura ini, di Jakarta belum lama ini. (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : Ab Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BANJIR SAMBUT PENGHARGAAN ADIPURA KOTA JAYAPURA