POLRES JAYAWIJAYA SITA 6 TON RASKIN

share on:
Barang bukti beras yang diamankan di Mapolres Jayawijaya. (JUBI/ISLAMI)

Wamena, 13/6 (Jubi)Jajaran satuan Reserse dan Kriminal Kepolisian Resor Jayawijaya menyita 6 Ton beras yang diduga Raskin ketika hendak dimasukan kesalah satu toko dari 1 unit truk, Selasa (11/6).

Dari informasi yang berhasil dihimpun, penyitaan 6 Ton beras tersebut oleh Polres Jayawijaya karena diduga merupakan beras untuk Rakyat Miskin (Raskin) yang diperuntukan kepada salah satu Distrik di Kabupaten Jayawijaya, di mana diduga tidak disalurkan kepada rakyat yang membutuhkan namun diselewengkan oleh oknum tertentu untuk maraup keuntungan.
Kapolres Jayawijaya, AKBP Jhonny Eddizon Isir, Sik, MTCP kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan para tokoh masyarakat di Pilamo Hotel, Kamis (13/6) membenarkan adanya penyitaan 6 Ton beras tersebut.

“Ya betul ada penyitaan beras dan kita akan proses, dimana dari informasi yang kita dapatkan itu adalah beras raskin dan saat ini sudah kita sita dan masih kita dalami, nanti kita lihat siapa yang berindikasi kuat disertai bukti-bukti yang ada kita lihat nanti perannya sampai sejauh mana,” ungkap Kapolres.

Dijelaskan, kronologis penangkapan bermula ketika para pelaku yang membawa beras tersebut menurunkan beras tersebut di salah satu toko yang berdekataan dengan Mapolres. Hingga kini, Kapolisian Resor Jayawijaya masih melakukan penyelidikan lebih mendalam.

“Ketika hendak diturunkan di salah satu toko dekat Polres, beras sebanyak 6 ton langsung kami sita. Sudah ada beberapa saksi yang kita mintai keterangan, hanya sekarang ini masih dalam tahap proses penyidikan, kemarin kan baru kita tangkap dan amankan,” terang Kapolres.

Menurutnya, yang namanya berkaitan dengan Raskin merupakan hak masyarakat golongan ekonomi lemah yang telah diatur dalam Undang-undang, dimana jika disimpan berarti hak nya masyarakat dipasung, mereka tidak bisa mengambil haknya.

“Segala sesuatu yang berkaitan dengan masyarakat apalagi golongan ekonomi lemah, harus benar-benar kita lindungi, ini kan kebijakan pemerintah berkaitan dengan raskin,” tegasnya.
“Proses penegakan hukumnya tetap prosedural, kita profesional jadi harapannya masyarakat itu tetap dia coba percaya ke kita terhadap dugaan penyimpangan distribusi raskin ini yang kemarin kita,” tambah Kapolres. (JUBI/ISLAMI)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  POLRES JAYAWIJAYA SITA 6 TON RASKIN