KESELAMATAN PESAWAT HARUS DIJAGA

share on:

Merauke, Jubi  (17/6)–Bertempat di Swisbelt Hotel, Senin (17/6), berlangsung sosialisasi keselamatan penerbangan  oleh Kementerian Perhubungan Dirjen Perhubungan Udara Otoritas Bandar Udara Wilayah X Merauke. Kegiatan sosialisasi tersebut, diikuti oleh masing-masing perwakilan dari 202 bandara yang tersebar di Papua.

Pelaksana Tugas (Plt)  Kepala Kantor Otoritas Bandara Wilayah X, Olivar Sijabat dalam sambutannya mengatakan, tugas dan tanggungjawab yang mereka jalankan adalah pengendalian terhadap semua penerbangan yang ada di Papua. Selain di wilayah Selatan Papua, juga di Sentani, Wamena, Timika serta beberapa daerah lain. “Ya, dengan adanya sosialisasi ini, dapat meningkatkan keamanan dan keselamatan serta kenyamanan penerbangan bagi setiap pesawat,” ungkapnya.

Otoritas Bandara Merauke, lanjut dia, mengatur pengendalian dan pengawasan pesawat sesuai  amanat  Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. “Kami juga mempunyai tugas dan tanggungjawab sebagai Pembina dalam pengawasan terhadap setiap kegiatan penerbangan pesawat dari suatu daerah,” tuturnya.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka dalam sambutannya mengatakan, penerbangan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam dunia transportasi udara. “Saya berterimakasih kepada Kementerian Perhubungan RI, karena untuk wilayah Papua, Kantor Otoritas Bandara, dipusatkan di Kabupaten Merauke,” ungkapnya.

Diharapkan agar petugas lebih efektif dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab yang diamanatkan. Sehingga tidak ada lagi pesawat jatuh, tabrak sapi maupun tabrak gunung. Dalam melaksanakan aktivitas juga, agar tidak hanya di kantor saja, tetapi sistem pengendalian maupun operasi penerbangan pesawat, harus diperhatikan secara baik dan benar.

Ditambahkan, beberapa waktu lalu juga, Sriwijaya Air akan masuk di Merauke, setelah berbagai persyaratan dipenuhi. Namun, karena sampai sekarang, Bandara Timika adalah milik PT Freport dan bukan masuk aset pemerintah setempat, maka pengisian faktut tak dapat dilakukan disana. “Nah, ini adalah permasalahan yang harus kita bicarakan dan diskusikan kembali untuk mencari jalan keluar terbaik,” pintanya lagi. (Jubi/Ans)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KESELAMATAN PESAWAT HARUS DIJAGA