DPRP DAN GUBERNUR SIAP BAHAS PASAR MAMA – MAMA PAPUA

share on:
Pasar Mama – Mama Papua yang berada di Jalan Percetakan Kota Jayapura, tampak aktivitas jual – beli dilokasi pasar tersebut (Jubi/Eveerth)

Jayapura, 15/7 (Jubi)Komisi D DPR Papua bersama Gubernur Papua, Lukas Enembe, siap membahas   pembangunan pasar mama – mama Papua, yang direncanakan pada Selasa (16/7) besok.

“Akan tetapi kalaupun dalam tahun ini tidak selesai, maka hal ini tentunya akan membuat beban pemerintah yang terus berlanjut. Hal inilah yang diharapkan oleh DPR Papua agar harus perlu mendapatkan dukungan dan respon penuh dari Pemerintah Provinsi Papua,” ujar  Ketua Komisi D DPR Papua Yan P Mandenas, kepada wartawan di Jayapura, Senin (15/7).

Dirinya mengakui, dalam kepemimpinan Gubernur Papua saat ini sangat mrespon dengan baik keberadaan pasar mama – mama Papua, sehingga hal ini menjadi prioritas utama untuk segera diselesaikan, dalam tahun 2013 ini.

“Hal ini supaya ada kejelasan. Karena kalau realisasi pasar mama – mama Papua sudah sampai pada penyelesaian tanah perpindahan Damri di Jln Baru – Kotaraja, ini saja. Tetapi selama ini pihak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Papua kurang serius,” nilainya.

Dikatakan, saat ini tinggal anggaran tambahannya kita masukkan ke APBD Induk 2014 untuk segera kita tuntaskan dan itu kalau hal ini sudah diselesaikan maka pembangunan Damri itu sudah siap dilakukan. Sehingga pasar mama – mama Papua dibangun.

Terkait berbagai persoalan yang masih terjadi, Yan Mandenas menjawab, yang perlu ditertibkan adalah staf gubernur yang ada jajaran bawahannya. Karena staf di bawah gubernur ini, masih ada yang tidak bisa mengikuti irama kebijakan pimpinan atau kepala daerah.

“Sebabnya, seluruh jajaran Pemprov Papua untuk harus bekerja sesuai dengan visi dan misi kebijakan pemerintah daerah yang diambil. Entah oleh gubernur ataukan kesepakatan gubernur dengan DPR Papua,” tandasnya.

Sementara itu, secara terpisah Sekretaris Solidaritas Pedagang Asli Papua (SOLPAP), Roberth Jitmau mengatakan, terkait dengan komitmen Gubernur Papua, maka dia berharap pembangunan pasar mama – mama Papua segera direalisasikan.

“Sudah tiga tahun pasar mama – mama Papua dianggarkan, namun tidak dibangun juga, sehingga kemana uang pembangunan tersebut, apakah dikembalikan ke kas daerah atau dikemanakan? Kami tidak mengetahuinya, sebabnya pemerintah perlu menjelaskan kepada public. Kami tetap berharap Gubernur Papua dapat membangun pasar permanen bagi mama – mama Papua,” harapnya. (Jubi/Eveerth)

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DPRP DAN GUBERNUR SIAP BAHAS PASAR MAMA – MAMA PAPUA