GUBERNUR : SELURUH DANA PEMPROV DIMASUKAN KE BANK PAPUA

share on:
Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe (Jubi/Alex)

Jayapura (16/7) — Menurut Gubernur Provinsi Lukas Enembe, seluruh dana milik pemerintah provinsi yang awalnya banyak “bertengger” di bank-bank nasional, kini sudah di tarik seluruhnya dan dimasukan ke Bank Papua yang merupakan milik pemerintah daerah.  

“Jadi seluruh rekening Perbankan yang disimpan di bank–bank nasional seperti BRI dan Mandiri, saya sudah tarik dan kembalikan kepada Bank Papua. Hal ini juga merupakan permintaan dari Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP),” kata Gubernur Lukas Enembe kepada wartawan, di Jayapura, Selasa (16/7).

Menurut Gubernur, seluruh dana milik pemerinrah provinsi yang disimpan dimana-maa kini sedang dicari terus. Termasuk surat berharga dan asset milik pemerintah daerah.

“Dana-dana itu sedang kami cari terus. Termasuk surat berharga dan asset Pemprov diperintahkan untuk segera dikembalikan semua. Sedang kita cari hal ini, karena ada dana yang ditaruh pada lembaga yang bukan pemerintah,,” ujarnya.

Menanggapi itu, kata Gubernur, dirinya sudah membentuk tim khusus. Karena ternyata ada dana milik Pemda yang disimpan di bank terkecil di Jakarta dan baru berdiri dua tahun yakni Bank Gandara.

“Dana yang tersimpan itu sebesar Rp62 milliar dan ternyata merupakan dana milik holding company. Untuk itu, saya bentuk tim khusus untuk melacak semua asset yang tersebar dimana-mana,” tukasnya.

Dikatakannya, alasan seluruh dana milik pemprov dimasukkan ke Bank Papua adalah agar Bank Papua memiliki dana besar dan rakyat Papua bisa kredit. Hal ini dikarenakan bank nasional tidak berani berikan kredit kepada orang Papua.

“Bank nasional tidak berani berikan kredit kepada orang Papua. Dia hanya urus orang–orang yang punya uang banyak saja,” katanya.(Jubi/Alex)

Editor : DOMINGGUS A MAMPIOPER
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  GUBERNUR : SELURUH DANA PEMPROV DIMASUKAN KE BANK PAPUA