BERHARAP VANIMO DAN JAYAPURA, TWIN CITY

share on:
Kota Vanimo, letaknya di tepi pantai bersih dan tak banyak sampah plastik yang tertinggal di pasir. Mungkinkah twin city bisa menjadi solusi bagi kebersihan dua kota di Sandaun dan Papua.(Jubi/dam)

Vanimo, 10/7 (Jubi)Gubernur Provinsi Sandaun, Papua New Guinea Amkat May, menyatakan sudah bertemu dengan Walikota Jayapura, Tommy Benhur Mano. Dia juga mengaku mendapat undangan dan  menghadiri pelantikan Gubernur Provinsi Papua dan Wakil Gubernur, Lukas Enembe dan Klemen Tinal.

“Saya inginkan adanya kota kembar antara Kota Jayapura dan Kota Vanimo bisa terwujud dikemudian hari,”kata Gubernur Provinsi Sandaun bekas seorang guru yang betugas selama delapan tahun di Provinsi Sandaun kepada tabloidjubi.com di Vanimo belum lama ini.

Dikatakan adanya Kota Kembar (Twin City) ini akan berdampak bagi kemajuan dua kota dan juga adanya  kerja sama bagi kemajuan dua wilayah di Provinsi Papua dan Provinsi Sandaun, Papua New Guinea. Apalagi lanjut dia ada rencana pihak PNG Power Limited akan membeli sumber daya listrik yang diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap(PLTU) yang saat ini tengah dibangun di Pantai Holtekang Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Populasi PNG menurut Sensus 2011 angka sementara telah mencapai 7.059.653, sedangkan jumlah penduduk di Provinsi Sandaun sendiri sekitar 185. 742 jiwa dengan luas wilayah hanya 36300 KM Persegi. Selain kota Vanimo terdapat pula Kota Aitape yang dibangun oleh pemerintah Jerman. Selanjutnya dari Aitape bisa ditempuh dengan jalan darat ke Kota Wewak, merupakan ibukota West Sepik Province PNG. Papua New Guinea terdiri dari 20 Provinsi sesuai dengan karakter dan budaya masing-masing provinsi.

Menurut Gubernur Sandaun pada 2014 mendatang rencana pembelian energi listrik dari Jayapura akan dialiri dari Jayapura, Wutung, Vanimo, Aitape sampai ke Wewak.”Kita berharap rencana ini akan terwujud dan memberikan manfaat bagi kebutuhan listrik di Provinsi Sandaun,”katanya

Ibukota Provinsi Sandaun ini letaknya pada sebuah semenanjung kecil dengan memiliki pantai –pantai yang indah. Bahkan di tengah kota ini terdapat pula sebuah super market besar dan lapangan terbang yang menghubungkan Vanimo dengan kota-kota di PNG hingg ke Port Moresby. Selain pelabuhan laut dan hanya terdapat sebuah hotel bukan berbintang milik pengusaha asal Malaysia, Vanimo Beach Hotel.

Vanimo hanya  sekitar 30 kilometer dari arah Barat  perbatasan Provinsi Papua dan Provinsi Sandaun.  Sepanjang jalan dari Wurung ke Vanimo sudah beraspal dan pantauan tabloidjubi.com hanya melewati satu Pos Militer PNG dengan sebuah bangunan barack militer sebelum masuk ke Vanimo. Empat orang anggota militer PNG hanya memantau dan mengecek nama sesuai dengan penumpang yang hendak masuk ke wilayah Kota Vanimo. Tercatat hanya melewati satu pos militer sebelum menuju ke Ibukota Provinsi Sandaun, Vanimo.

Distrik Muara Tami, Kota Jayapura berbatasan langsung dengan Provinsi Sandaun, Papua New Guinea (PNG). Ada tiga kampung yang berdekatan dengan kampung-kampung di Wutung, PNG Terdapat tiga perkampungan dekat Kantor Distrik Muara Tami dan saling berdekatan, yaitu kampung Skouw Mabo, Kampung Skouw Yambe dan Kampung Skouw Sae.  Pantai Skouw Sae, memiliki pemandangan luas yang  masih asri dan alami. Tampak dari jauh  perbukitan membikin mata terpesona dan terkagum-kagum melihatnya. Sayangnya potensi wisata di tiga kampung ini belum digarap secara profesional guna meraup devisa.

Setelah melewati tiga kampung, Distrik Muara Tami, langsung menuju tapal batas, Wutung. Perjalanan dari Barat Papua ke Vanimo  terdapat banyak pantai yang memanjang dengan gelombang yang sempurna sangat menarik untuk wisatawan yang gemar bermain surfer dengan papan peluncur. Selama September hingga Januari, sepanjang 210 kilometer garis pantai dihantam oleh gelombang besar karena bertiupnya angin Utara Barat selama Desember sampai Maret.

Walau demikian lokasi sepanjang tahun aman dari terjangan gelombang yang begitu besar karena menarik bagi wisatawan pemberani atau surfer untuk mencari gelombang yang sempurna. Sebenarnya lokasi wisata pantai di Vanimo tak jauh berbeda dengan potensi wisata di Kampung Skouw Mabo, Skouw Sae dan Pantai Holtekamp. Hanya saja tidak dikelola secara baik dan belum termasuk dalam kalender turis manca negara. Berbeda dengan kampung-kampung di Vanimo.

Kampung Lido hanya  8 km barat dari Vanimo memiliki pantai surfing yang baik dan juga wisma bagi peselancar. Mereka menyewa papan selancar dan sepeda. Bukan hanya itu di sebelah Barat Aitape juga memiliki pantai selancar dan akomodasi.

Beberapa pulau-pulau kecil lepas pantai terletak dari kota Aitape, satu-satunya kota lain di Provinsi Sandaun. Hanya sebuah supermarket dan pelabuhan laut di tengah kota Vanimo terdapat Gereja Lutheran dan juga  Konsulat Indonesia.

Pulau Narimo terletak lepas pantai dan baik untuk berenang dan piknik namun harus membawa bekal sendiri jika hendak berkunjung ke sana. Bisa juga para pelancong  menyewa perahu dari Kampung Deco Barat dekat dermaga utama.

Kota Aitape didirikan sebagai stasiun oleh Jerman pada tahun 1905 dan diduduki oleh Jepang selama Perang Dunia Kedua. Di kota kedua terbesar di Provinsi Sandaun ini terdapat pula sisa-sisa reruntuhan bangkai pesawat di dekat lapangan terbang Tadji dan tugu peringatan perang dunia kedua. (Jubi/Dominggus A Mampioper)

 

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BERHARAP VANIMO DAN JAYAPURA, TWIN CITY