PEMKOT BUKA CPNS BAGI PENYANDANG CACAT

share on:
ILUSTRASI DIFABEL (ist)

Jayapura,29/7 (Jubi)Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Jayapura akan membuka penerimaan CPNS bagi difabel atau penyandang cacat yang besaran kuotanya 1 persen.

“Selain menetapkan jabatan yang menjadi prioritas dalam rekruitmen CPNS tahun 2013, pihak kami akan membuka bagi CPNS bagi penyandang cacat, meski hal ini tentu saja akan menunggu seperti apa petunjuk teknisnya,” ujar Kepala Kepegawaian Daerah Kota Jayapura, Frans Pekey ke tabloidjubi.com di Jayapura, Senin (29/7)

Frans  mengatakan, para penyandang cacat sebagai warga Indonesia mereka berhak mengikuti Test CPNS dalam fomasi umum dan sebagai warga negara memiliki hak yang sama mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang layak. “Orang cacat juga bisa menjadi PNS,  mereka memiliki hak yang sama seperti orang normal pada umumnya,” jelas Pekey .

Namun surat edaran terkait penerimaan CPNS 2013,  BKD Kota Jayapura belum menerimanya. Diperkirakan surat tersebut masih di Pemerintah Provinsi Papua. Terkait besaran jumlah rekruitmen PNS 2013, pihaknya belum berani memastikan sebab pemegang surat edaran bersangkutan, belum ada di tempat sehingga pihak BKD belum bisa memastikan penerimaan CPNS formasi umum mendatang. “Setelah surat itu kami terima, kami akan segera publikasikan,” tuturnya.

Untuk Formasi honorer, lanjut dia, dalam kategori K2 di Kota Jayapura, sudah pasti bahwa sebanyak 1000 lebih akan mengikuti tes CPNS pada akhir September mendatang.  “ Karena data basenya sudah ada di Menpan dan akan di seleksi di berkas persyaratannya berdasarkan ketentuan juga,” ucapnya.

Sekretaris Daerah Kota Jayapura, RD Siahaya mengatakan  pengangkatan PNS itu ada aturannya. Bukan berarti seleksi itu lalu tidak memperhatikan masyarakat yang mempunyai keterbatasan khusus atau difabel tersebut. “Tetap mereka akan diberlakukan sama, sebab hal itu dikembalikan atas dasar hasil seleksi CPNS tersebut karena pemerintah kota Jayapura tidak menutup diri bagi siapapun yang ingin mendaftar,” ujar  dia. (Jubi/Sindung)

Tags:
Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMKOT BUKA CPNS BAGI PENYANDANG CACAT