MUHAMADIYAH AKAN GELAR SHOLAT ID KAMIS MENDATANG

share on:
Logo Muhamadiyah (IST)

Jayapura, 4/8 (Jubi)Meski pemerintah belum menentukan jatuhnya 1 Syawal 1434 H atau idul fitri 2013 M, akan tetapi  Ketua DPD Muhamadiyah Kota Jayapura, Edy Mirza menegaskan warga Muhamadiyah Kota Jayapura akan melaksanakan sholat Ied (idul fitri.red) pada Kamis (8/8) mendatang.

“Kami akan melaksanakan sholat Ied pada Kamis (8/8) mendatang, yang akan di pusatkan di Kantor Muhamadiyah di depan Kantor Diklat Sosial atau dilapangan Panti Asuhan Muhamadiyah, Kampkey Abepura,”  kata  Edy ke tabloidjubi.com melalui telepon selularnya, Ahad (4/8).

Edy mengatakan, keputusan ini sesuai dengan Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah bernomor 04/MLM/I.0/E/2013 tentang penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal dan Dzulhijjah 1434 H yang ditandatangani oleh Ketua Umum Prof Dr H M Din Syamsuddin, MA dan Sekretaris Umum Dr H Agung Danarto. Maklumat tersebut telah diberikan kepada semua pengurus DPW dan DPD Muhammadiyah seluruh Indonesia.

“Berdasarkan hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah memutuskan 1 Ramadan 1434 H jatuh hari Selasa wage, 9 Juli 2013 M, dan 1 Syawal 1434 H pada Kamis Wage, 8 Agustus 2013 M,” kata.Edy lagi. Ssholat ied, ini akan digelar dengan khotib dan imam yang telah ditunjuk.

Senada, Partino, Ketua DPW Muhamadiyah Provinsi Papua, mengatakan pihaknya akan melaksanakan sholat id pada Kamis (8/8) mendatang meski pemerintah belum menentukan 1 syawal. Pasalnya, Muhamadiyah menggunakan perhitungan hisab.

Sementara itu, Kepala Kantor Agama Kota Jayapura, Syamsudin saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum menerima surat keputusan kapan idul fitri sebab masih menunggu sidang itsbat yang akan digelar pada 7 agustus 2013. “Kami masih menunggu sidang itsbat, belum karena juga tim hisab dan rukyat satu hari belum juga ke lokasi,” ujar Syamsudin.

Ia berharap tahun ini akan bersamaan dengan Muhamadiyah meski PP Muhamadiyah sudah jauh-jauh hari telah menentukan jatuhnya idul fitri pada Kamis (8/8). (Jubi/Sindung)

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MUHAMADIYAH AKAN GELAR SHOLAT ID KAMIS MENDATANG