PROYEK DAK SUDAH ADA PEMENANG TENDER

share on:

 

Merauke, Jubi (10/7)— Proses tender sejumlah pekerjaan di Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai kurang lebih  Rp 71 milyar sedang berjalan. Bahkan, beberapa item proyek, telah ada penetapan pemenang tender. Dengan demikian, tak dapat dianulir kembali.
Demikian disampaikan mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Merauke, Vincentius Mekiuw ketika ditemui tabloidjubi.com Sabtu (10/8).  Menurutnya, proyek yang ditenderkan kepada pihak ketiga dalam hal ini para kontraktor, tidak menyalahi aturan juga. Karena mereka adalah  bagian dari masyarakat.

Lagi pula, lanjut Vincent, sudah pasti memiliki peralatan memadai yang siap digunakan dan atau dimanfaatkan untuk mengerjakan item-item pekerjaan tersebut. “Terus terang, saya menantang dengan keras jika pekerjaan ditangani oleh pihak sekolah. Karena persiapan yang belum matang dan fasilitas tak mendukung pula ,” tegasnya.

Vincent mencontohkan, pekerjaan pembangunan rehab sekolah maupun rumah guru di kampung-kampung terpencil, sudah pasti harus mengambil tukang batu maupun tukang kayu dari kota. Dan, konsekwensinya adalah membayar biaya sangat mahal. Sementara anggaran yang dipersiapkan terbilang minim.

“Coba rekan-rekan wartawan bayangkan saja, dana untuk rehab satu rumah guru saja hanya mencapai Rp 25 juta. Sementara transportasi sampai ke kampung-kampung terpencil sangat jauh dan membutuhkan biaya besar. Sehingga anggaran itu, sangatlah kurang. Orang di Jakarta sana tidak pernah mengetahui secara pasti dan jelas topografi wilayah yang ada di Papua terutama di Kabupaten Merauke,” tandasnya. (Jubi/Ans)

Editor : Ab Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PROYEK DAK SUDAH ADA PEMENANG TENDER