HUT RI, RATUSAN SISWA DI SENTANI GELAR KEMAH

share on:
Tampak beberapa siswa beraktivitas di sekitar tenda kemah (Jubi/Musa)

Sentani, 17/8 (Jubi)Memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT-RI) ke-68 tahun, sekaligus ulang tahun pramuka ke 52 tahun, sedikitnya 290 siswa tingkat SMA dan SMP di beberapa sekolah khusus di Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, menggelar kemah. Perkemahan sudah berjalan kurang lebih semingu.

Pantauan tabloidjubi.com, beberapa sekolah itu membangun tenda kemah disekitar halaman Kantor Distrik Sentani. Ketua panitia perkemahan, Nelson Mehue mengatakan sebenarnya mereka berkemah untuk memperingati hari ulang tahun(ultah) pramuka yang jatuh pada 14 Agustus. Namun, ultah pramuka berdekatan dengan HUT RI ke 68 tahun pada 17 Agustus maka perkemahan dilanjutkan sekaligus memperingati kedua ulang tahun ini.

“Sebenarnya,kami berkemah untuk peringati ulang tahun pramuka pada 14 Agustus, tapi karena dekat dengan hari HUT RI maka kami peringati sekaligus,”kata Nelson ke tabloidjubi.com di Sentani, Jumat (16/8). Nelson menjelaskan, pada 10 Agustus panitia perkemahan lebih dahulu masuk areal perkemahan. Kemudian, peserta kemah menyusul masuk ke lokasi perkemahan pada 13 Agustus. Peserta yang berkemah mewakili beberapa sekolah yang ada disekitar Distrik Sentani.

Lanjut dia, total peserta yang mengikut perkemahan ranting Distrik ini sebanyak 290 siswa. Jumlah ini terdiri dari panitia sebanyak 40 siswa dan peserta,  250 siswa. Beberapa sekolah yang terlibat, masing-masing SMA YPPK Asisi Sentani, SMA YPKP Sentani, SMP YPPGI Sentani, SMP YPK Marthen Luther Sentani, dan SMP Dafonsoro Sentani. Kemudian, Teritorial Merah Putih Sentani, dan Saka Bayangkara. Perkemahan berakir pada 17 Agustus sore.

Nelson menambahkan, kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama kemah berlangsung adalah bakti sosial di pasar Sentani, Gereja dan Mesjid di sekitar areal Distrik Sentani. Selanjutnya, lomba pidato, lomba membaca puisi penjelajahan, lomba memasak, dan tali temah (pioneering).

Kepala Distrik Sentani, Alfons Awoitouw selaku ketua pramuka ranting Distrik mengatakan, kegiatan kemah  yang berlangsung di halaman kantornya bertujuan untuk membangun kerukunan dan interaksi sosial diantara masyarakat. “Dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan selama kemah berlangsung, mereka membangun interaksi sosial dengan mengecek orang-orang yang di Mesjid, Gereja dan di Pasar,” tuturnya. Alfons menambahkan, kegiatan tersebut juga membentuk karakter warga. (Jubi/Musa)

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  HUT RI, RATUSAN SISWA DI SENTANI GELAR KEMAH