KPU PAPUA: 662 CALEG AKAN REBUT 56 KURSI DPR PAPUA

share on:
Ketua KPU Papua, Adam Arisoy (Jubi / Indrayadi TH)

Jayapura 26/8 (Jubi) KPU Papua memastikan 662 calon legislatif dari 12 partai politik yang akan memperebutkan suara untuk menduduki 56 kursi yang telah disediakan. Hal ini ditegaskan Ketua KPU Papua, Adam Arisoy saat ditemui tabloidjubi.com, di Kota Jayapura, Papua, Senin (26/8).

Menurut Adam, khusus di tingkat DPR Papua hampir sebagian anggota yang ada saat ini  mencalonkan dirinya kembali. “ Ya, ada muka lama dan muka baru, anggota DPR Papua banyak yang maju. Kelihatannya hampir semua, 56 maju lagi. Tapi aspirasi biasa berubah jadi, pasti ada orang-orang baru lagi yang masuk di DPR Papua, dan 662 keterwakilan perempuan terpenuhi. Dulu di perhatikan, kalau sekarang diwajibkan,” katanya.

Adam  juga mengatakan, penambahan kursi anggota DPRP itu karena diikuti dengan pertambahan jumlah penduduk di seluruh Papua. “Setiap pemilu legislatif itu pasti ada penambahan karna itu kan terjadi proses dari lima tahunan. Jadi jumlah porsi pasti bertambah,” katanya.

Sirkulasi penduduk yang setiap tahunnya mengalami perubahan, secara otomatis mempengaruhi jumlah kursi di DPR Papua. Dengan bertambahnya kursi ini, bertambah juga daerah pemilihan (dapil). “Iya dapil kita bertambah, kemarin enam dapil, sekarang tujub dapil,” katanya.

Selain itu, kata Adam, pihaknya juga memastikan di setiap kabupaten/kota akan bertambah. “Kabupaten atau kota yang dulu kursinya 20 setelah 5 tahun pertambahan penduduk pasti ada. Maka dengan sendirinya itupun berubah, dari 20 bisa berubah jadi 25, yang 25 berubah menjadi 30,” tambahnya.

Disinggung soal kapan pelantikan anggota komisioner, dirinya menegaskan, pihaknya akan tetap fokus menyelesaikan Daftar Calon Tetap (DCT). “Setelah selesai dan dilaporkan KPU RI baru kita mulai dengan 29 kabupaten/kota, karena saat ini sedang proses perekrutan ulang. Semua 29 kab kota di rekrut ulang,” katanya.

Hingga kini, kata Adam, 25 kabupaten/kota tahapannya sedang proses berjalan. “25 kabupaten/kota sudah 10 besar, sudah dimasukkan semua, dari 29 kabupaten/kota hampir semuanya sudah masuk ke KPU Papua, dan Kabupaten Dogiyai masih ada sedikit masalah, nanti kita akan investigasi kesana,” katanya.

Menurut data BPS Provinsi Papua, hingga pertengahan tahun 2012 jumlah penduduk di Provinsi Papua sebanyak 3.144.381 jiwa, dari data jumlah penduduk tersebut KPU Papua memiliki data jumlah pemilih tetap hingga saat ini sekitar 2,9 juta. “Jumlah pemilih tetap yang saya tahu saat ini 2,9 juta. Ini ada terjadi pemutakhiran, karena proses jumlah pemilih kepda legislatif ini ada mempunyai satu sistem yang mereka kembali ke pantarli atau melakukan pendataan ulang dari data jumlah pemilih yang Pilgub kemarin,” katanya (Jubi/Indrayadi TH)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KPU PAPUA: 662 CALEG AKAN REBUT 56 KURSI DPR PAPUA