PEMDA DI PAPUA DIHARAPKAN MENDUKUNG KERJA BASARNAS

share on:
SUYATNO (FOTO:ALFIAN/ANTARA)

Jayapura, 28/6 (Jubi) – Guna membangun koordinasi dengan berbagai pihak terkait bencana alam, sebanyak 98 orang dari berbagai elemen masyarakat mengikuti Rapat Koordinasi(Rakor) di Hotel Aston Jayapura,Rabu(28/8). Kepala BASARNAS Jayapura, Suyatno mengatakan, rapat koordinasi tersebut membahas tentang berbagai hal yang bisa dilakukan Basarnas untuk membantu korban musibah.

“Sembilan puluh delapan personil yang ikut mengambil bagian dalam Rakor ini, mereka merupakan perwakilan dari instansi pemerintah, TNI-Polri, masyarakat sipil, LSM dan pemuda. Besok kita akan lanjutkan dengan latihan lapangan selama dua hari, latihan tentang kecelakaan penerbangan pesawat dengan rute Sentani – Senggi,” kata Kepala BASARNAS Kota Jayapura ini lagi.
Kegiatan ini sejalan dengan tugas pokok dan fungsi Basarnas, yaitu: pertama, Perumusan Kebijakan Layanan SAR Nasional. Kedua, Koordinasi dan Pembinaan Potensi. Ketiga, Pelaksanaan Operasi SAR.
Sementara itu, di tempat yang sama, Brigjen TNI, Tatang Zaenudin selaku Kepala BASARNAS mengatakan, ke depan pihaknya akan mendukung dalam bentuk pemberian sarana agar kecakapan dalam penanganan musibah terhadap korban bisa di laksanakan.

“Bila terjadi bencana dan kami jauh, kami bisa koordinasikan dengan Kodam atau Polda untuk dapat menggunakan pesawat yang ada untuk melakukan operasi pencarian terhadap korban musibah,” tutur Kepala BASARNAS ini lagi.

Brigjen TNI, Tatang Zaenudin berharap, pemerintah daerah mau mendukung kerja BASARNAS di Papua, pihaknya akan bersyukur sekali. Termasuk SDMnya sehingga keberadaan SAR Nasional bisa melaksanakan tugas dan fungsinya dalam rangka mencari, menemukan dan menyelamatkan korban yang terkena musibah dengan aman, cepat dan selamat. (Jubi/Aprila Wayar)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PEMDA DI PAPUA DIHARAPKAN MENDUKUNG KERJA BASARNAS