KNPB: KAMI AKAN DEMO LAGI

share on:
SITUASI PASCA MOBIL KOMANDO DIAMANKAN (FOTO: ARNOLD BELAU)

Jayapura, 16/9 (Jubi)Juru Bicara Komite Nasional Papua Barat (KNPB), Wim Rocky Medlama mengatakan, pihaknya akan melakukan demo damai lagi dalam waktu dekat walau Senin (16/9), pihaknya dipukul mundur aparat Kepolisian Resort Kota Jayapura (Polresta Jayapura) maupun Kepolisian Resort Jayapura (Polres Jayapura) dengan menggunakan gas air mata, maupun tindakan represif lainnya.

“Kami akan menggelar demo lagi dalam waktu dekat,” kata Wim, beberapa saat pasca pembubaran paksa massa aksi di halaman Expo Waena, Kota Jayapura, Papua kepada wartawan melalui seluler.

Wim juga mengatakan, demo ini digelar oleh pihaknya untuk memperingati Hari Demokrasi Internasional yang biasa diperingati setiap tanggal 15 September. Pihaknya menyesalkan tindakan aparat yang membubarkan demo damai ini. “Ada dua puluh satu orang rekan kami juga diamankan oleh polisi saat ini, termasuk lima orang yang melakukan demo di Expo, Waena,” katnya lagi.

Di tempat yang sama, Wakapolresta Jayapura, Kompol Kiki Kurnia mengatakan, aksi KNPB di Expo, Waena, Jayapura pada Senin (16/9) ini tak memiliki ijin dan berseberangan dengan NKRI. Terkait pembubaran paksa yang dilakukan di Expo-Waena dimana berujung anak buahnya harus melepaskan tembakan gas air mata ke arah kelompok pendemo.

“Hal itu terjadi karena kami terlebih dulu dilempar dengan batu. Kami hanya membela diri, makanya kami melepaskan tembakan gas air mata. Kami dilempar pakai batu dulu tapi tidak ada korban jiwa,” kata Kompol Kiki ke wartawan di Expo, Waena, Jayapura, Senin (16/9).

Puluhan aparat dari Polresta Jayapura membubarkan dengan paksa KNPB, Senin (16/9) pada pukul 10.20 WIT. Kompol Kiki Kurnia juga mengatakan, untuk demo KNPB ini, pihaknya menurunkan 300 personil yang dibantu oleh Brimobda Papua dan aparat TNI. (Jubi/Aprila Wayar)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KNPB: KAMI AKAN DEMO LAGI