DUA KANDIDAT APRESIASI PEMILUKADA JAYAWIJAYA

share on:
Calon Bupati Jayawijaya nomor urut I, John Way usai melakukan pencoblosan (JUBI/ISLAMI)

Wamena, 19/9 (Jubi)Pemilukada Jayawijaya telah masuk dalam tahap pemungutan suara, Kamis (19/9) dan seluruh masyarakat Jayawijaya pun berbondong-bondong ke TPS untuk menyalurkan suaranya untuk memilih pemimpinnya untuk lima tahun mendatang.

Tak ketinggalan juga masing-masing pasangan calon, yang juga melakukan pencoblosan. Kandidat pasangan nomor 2 yakni John Wempi Wetipo–Jhon Ricard Banua (JOJON) melakukan pencoblosan di TPS 9 Kelurahan Wamena Kota, Distrik Wamena Kota .

Usai nyoblos, calon Bupati Wempi Wetipo menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat Jayawijaya yang telah ikut serta mensukseskan Pemilukada Jayawijaya. “Sampai saat ini saya masih Bupati Jayawijaya, karena masa jabatan saya berakhir 23 Desember 2013, untuk itu atas nama pemerintah saya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang ikut serta sehingga Pemilukada bisa berjalan baik, dimana jadwal sebelumnya pencoblosan seharusnya dilaksankaan 29 Juli lalu, namun karena adanya gugatan dari kandidat yang tidak lolos verifikasi sehingga pencoblosan baru dilaksanakan hari ini,” ungkap Wempi Wetipo kepada wartawan.

Sebagai kandidat nomor 2, Wempi Wetipo mengakui pihaknya berharap siapa pun yang terpilih harus didukung karena setiap pemimpin untuk mengurus dan mensejahterakan rakyat. “Menang atau kalah itu hal yang biasa, menjadi pemimpin tidaklah mudah melainkan suatu beban bagaimana mengurus rakyat sehingga bisa sejahtera, bukan untuk mendapatkan sesuatu demi kesenangan pribadi,” ungkapnya.

“Untuk itu kepada seluruh masyarakat, tim sukses dan kandidat agar tetap menjaga komitmen yang sudah ditandatangani 16 September 2013 lalu, dimana kita sepakat dan berjanji kepada Tuhan agar Pemilukada berjalan aman dan menjadi contoh pelaksanaan Pemilukada di Tanah Papua,” pungkasnya.

Sementara itu calon Bupati pasangan nomor urut I, John Way, S.Hut saat ditemui wartawan usai melakukan pencoblosan di TPS 1 Kelurahan Sinapuk, Distrik Wamena mengakui bersyukur, pasalnya pencoblosan Pemilukada dapat berjalan dengan baik.

“Masyarakat cukup antusias datang ke TPS, ini berarti bahwa menandakan partisipasi untuk demokrasi terutama untuk memilih calon Bupati dan Wakil Bupati Jayawijaya lima tahun ke depan cukup baik,” ungkap John Way.

Selain itu, jika dilihat dari segi keamanan pelaksanaan Pemilukada berjalan dengan baik di 457 TPS yang ada di 40 Distrik se Kabupaten Jayawijaya. “Proses pemilukada ini saya harap mungkin hari ini atau besok sudah diketahui siapa pemenang untuk dua kandidat. Sebagai kandidat nomor satu, saya optimis bahwa dalam Pilkada kali ini rakyat akan berikan dukungan kepada pasangan nomor urut 1,” tegasnya.

Untuk penyelenggara Pemilukada sendiri dalam hal ini KPU, diakui John Way sampai dengan saat pencoblosan sudah melaksanakan tugasnya dengan baik, walaupun banyak tantangan tetapi itu adalah bagian dari tugas KPU.

“Dalam demokrasi beda pendapat itu biasa, tetapi harus tetap berada pada koridor regulasi yang mengatur pada Pemilukada. Tetapi KPU telah bekerja maksimal meski harus menjalani sidang di DKPP sebelum pencoblosan, dan saya harap untuk ke depan sampai proses pleno KPU harus tetap bekerja secara aturan,” pintanya. (Jubi/Islami)

Tags:
Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DUA KANDIDAT APRESIASI PEMILUKADA JAYAWIJAYA