MRP BAKAL DORONG DPRP GODOK PERDASUS TANAH

share on:
Waket Adat Pokja MRP, Konstan Hokemka (Jubi/Ans)

Merauke, 25/9 (Jubi)Majelis Rakyat Papua (MRP) bakal mendorong Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP)  agar segera menggodok Perdasus (Peraturan Dasar Khusus) tentang tanah. Peradus ini penting lantaran banyak permasalahan yang terjadi di setiap kabupaten/kota di Provinsi Papua,  terkait sengketa tanah.

Keterangan ini disampaikan Wakil Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Adat MRP, Konstan Hokemka saat ditemui tabloidjubi.com Rabu (25/9). “Memang kami membentuk tim khusus yang terdiri dari empat orang angggota MRP untuk datang  di Kabupaten Merauke. Karena, ada permasalahan tanah. Kita harus mendengar secara langsung. Sehingga nantinya bisa memberikan solusi dan jalan keluar penyelesaian terbaik,” ujarnya.

Kostan menegaskan, tugas dan tanggungjawab dari MRP adalah melindungi dan memperjuangkan hak-hak orang asli Papua. Sebab itu, dengan persoalan yang berlarut-larut tentang tanah dan belum ada penyelesaian, maka MRP berkewajiban datang kes Merauke agar bisa mendengar secara langsung.

Lebih lanjut Konstan mengatakan,   secara umum, persoalan tentang tanah, tidak hanya terjadi di Kabupaten Merauke. Tetapi di kabupaten/kota lain juga demikian. “Jadi,  ada beberapa tim yang dibentuk dan sedang berada di setiap daerah untuk mendengar secara langsung dari masyarakat asli Papua. Karena mereka adalah pemilik hak ulayat,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan anggota MRP lain, Wilem Sawaki. “Saya minta kepada kita semua agar harus menghormati kepemilikan hak ulayat tanah dari orang asli. Tidak boleh serta merta mengklaim sebagai pemilik,” pinta Wilem.

Wilem meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke agar ikut menangani dan menyelesaikan permasalahan tentang tanah. Karena, banyak informasi yang didapat dari dulu sampai sekarang tanah  masih bermasalah. (Jubi/Ans)

 

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MRP BAKAL DORONG DPRP GODOK PERDASUS TANAH