PERADI AUDIENCE DENGAN WAGUB PAPUA

share on:
Suasana Audience Peradi Dengan Wagub Papua Klemen Tinal (Jubi/Alex)

Jayapura, 25/9 (Jubi) – Ketua DPC Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Papua, Zeffnat Masnifit besama para anggotannya melakukan audience dengan pemerintah daerah Provinsi Papua, dalam hal ini Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Papua Klemen Tinal, di ruang kerja Wagub Papua, Kantor Gubernur Papua, Dok II Kota Jayapura, Papua, Rabu (25/9).

Audience yang dilakukan adalah untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah Provinsi Papua, memperkenalkan para pengurus Peradi yang baru terpilih serta menyampaikan visi misi mereka. Mereka datang melakukan audience dengan pemerintah tentu disambut baik. Hubungan kerjasama dengan semua pihak, seperti Peradi Papua akan memberi dampak kuat dalam pembangunan di Papua.

“Kami sangat senang mendengar visi misi mereka bahwa mereka ingin supaya di Papua secara perlahan tetapi pasti manusia di Papua mengerti hukum tetapi bukan hanya mengerti hukum dan sebagai pelaku hukum dan bekerja di bidang hukum,” kata Klemen ke wartawan, di Kota Jayapura, Rabu (25/9).

Usai mendengar visi misi Peradi, ujar Klemen, pemerintah punya ide bagaimana anak-anak Papua supaya dapat jadi pengacara dengan mendirikan sekolah-sekolah tinggi ilmu hukum di lokasi-lokasi tertentu dan tidak harus disemua tempat. Supaya anak-anak Papua dapat sekolah hukum.

“Dengan sekolah hukum mereka dapat menjadi advokat dan saya kira hal tersebut merupakan hal yang baik. Dengan begitu, kami meminta Peradi untuk membangun sekolah tinggi ilmu hukum. Masa orang lain seperti pengusaha dapat membangunan sekolah tinggi. Untuk itu Peradi sebagai lembaga profesi harus membangun sekolah supaya orang tau bahwa Peradi membangun sekolah tinggi ilmu hukum,” tukasnya.

Di tempat yang sama, Ketua DPC Peradi Papua Zeffnat Masnifit mengatakan, tujuan pengurus Peradi Papua melakukan audience dengan pemerintah Papua untuk lebih melakukan pendekatan dengan pemerintah provinsi Papua dalam rangka menyamakan persepsi untuk pembangunan hukum di Papua.

“Dari hasil audience dengan pak wakil Gubernur sangat merespon Peradi lebih banyak berperan dalam rangka pembangunan hukum di Papua, namun Peradi ini lebih fokus pada pembangunan hukum bagi masyarakat yang termarginalkan sehingga lambat laun masyarakat Papua lama kelamaan mengerti hukum dan outputnya adalah masyarakat,” kata Zeffnat.

Menurutnya, Peradi Papua akan bersama-sama pemerintah untuk memberikan konstribusi pemikiran bagi penyusunan draf undang-undang Otsus Plus, sehingga Peradi tidak hanya fokus pada dunia pendidikan tetapi juga untuk dunia profesi dilibatkan.

Ditambahkan, dalam waktu dekat Peradi akan melakukan penelitian untuk sumbangan pemikiran terhadap penyusunan draft Otsus kita akan mengkaji draft Otsus plus model bagaiman dan bentuknya bagaimana secara internal, dan kemudian kita akan melakukan diskusi berbagai pihak seperti Uncen dan pemerintah serta LSM atau LB sehingga arahnya pada pembangunan masyarakat

“Wakil gubernur berkeinginan supaya menggandeng semua elemen masyarakat yang diharapkan membantu pemerintah demi kepentingan kesejahteraan masyarakat khusus pembangunan hukum. Jadi kita sudah berkomitmen dengan wakil Gubernur untuk melakukan pendidikan advokat dan pelatihan advokat serta tes ujian bagi advokat bagi seluruh masyarakat khususnya wilayah Timur,” ujarnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat Peradi akan membuat surat kepada Peradi Pusat agar tes advokat wilayah Timur seperti Sulawesi, Maluku, NTB, NTT dan Papua. Untuk Papua, kemungkinan akan dilakukan pada November mendatang.

“Perekrutan melakukan rekrutmen pendidikan advokat muda yang potensial, sehingga dapat merubah pemikiran generasi muda jangan hanya fokus untuk tes CPNS tetapi profesi merupakan panggilan. Sementara untuk pendirian sekolah ilmu hukum di Papua, Peradi akan merancang bagamaimana supaya tidak hanya pengusaha saja yang membangun sekolah tetapi Peradi dapat membangun sekolah tinggi ilmu hukum. Karena pengusaha yang membangun sekolah hukum hanya orientasinya ke bisnis, tetapi bagaimana memberikan ilmu kepada masyarakat,” katanya. (Jubi/Alex)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PERADI AUDIENCE DENGAN WAGUB PAPUA