HARI PERTAMA FESTIVAL, MEDIA LOKAL PAPUA DISERBU

share on:
Salah satu pengunjung stand AJI Kota Jayapura sedang serius membaca Majalah JUBI (Jubi/Indrayadi TH)

Yogyakarta, 28/9 (Jubi)  Hari perama festival media (fesmed) yang difasilitasi oleh Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjasoermantri, Kompleks Universitas Gajah Mada (UGM)Yogyakarta, Sabtu (28/9), media lokal Papua diserbu.

Setelah festival dibuka oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yang juga Raja Kasultanan Ngayogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, sejumlah pengunjung langsung mendatangi stand AJI Kota Jayapyura. Mereka langsung menyerbu koran lokal yang di pajang di stand AJI Kota Jayapura.

Sejumlah koran dan Majalah Jubi (Jujur Bicara) lokal, diantaranya surat kabar harian Papua Pos, Cenderawasih Pos, Bintang Papua dan Suluh Papua jadi rebutan pengunjung.  Pengunjung berharap bisa memiliki media lokal Papua. Sebagian pengunjung memilih lama-lama di depan mencerna tulisan koran maupun majalah lokal. “Apakah kita bisa memiliki sejumlah media lokal Papua yang di pamerkan ini. Boleh diminta,” kata seorang pengunjung.

Sekretaris AJI Kota Jayapura, Dian Kandipi langsung diwawancarai oleh pembawa acara Fesmed terkait perkembangan media di wilayah paling timur Indonesia ini. Saat Dian memberi penjelasan, ia mengatakan, hingga kini, banyak media, baik cetak maupun elektronik, bermunculan di Papua. Dengan kehadiran sejumlah media tersebut, benar-benar mengontrol kebijakan pemerintah daerah setempat.

Pantauan tabloidjubi.com, sejumlah surat kabar harian lokal di Papua seperti surat kabar harian Cenderawasih Pos, Bintang Papua, Papua Pos, Suluh Papua, korsip (koran sisipan) Antara dan Sentani News di pajang di stand.  Tak ketinggalan, sejumlah majalah lokal juga dipamerkan, masing-masing majalah Jubi, Majalah Honai, Majalah Pelita Papua, Majalah Fema, dan Majalah Mob. Selain media lokal, sejumlah kerajinan tangan Papua juga di pamerkan seperti noken, pahatan asmat Papua, batik syal, dan kopi agape khas Papua. (Jubi/Musa)

 

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  HARI PERTAMA FESTIVAL, MEDIA LOKAL PAPUA DISERBU