CHRISTIAN SOHILAIT DIKUKUHKAN JADI KEPALA SUKU MALUKU TENGAH

share on:
Pengukuhan Christian Sohilait sebagai Kepala Suku Maluku Tengah Se-Pegunungan Tengah Papua. (JUBI/ISLAMI)

Wamena, 29/9 (Jubi)Christian Sohilait ditunjuk oleh seluruh masyarakat Maluku Tengah yang tersebar di wilayah Pegunungan Tengah Papua, menjadi Kepala Suku Maluku Tengah di Pegunungan Tengah Papua untuk periode 2013-2018.

Pengukuhan Kepala Suku Maluku Tengah tersebut dilakukan secara tradisi adat Maluku Tengah dan dihadiri para tua-tua adat Maluku, seluruh masyarakat Maluku di Jayawijaya dan sekitarnya, Wakil Bupati Jayawijaya, Jhon R. Banua sebagai sesepuh masyarkat Maluku di Kabupten Jayawijaya dan juga para forum koordinasi pimpinan daerah Jayawijaya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada warga Maluku Tengah di seluruh pegunungan tengah yang memberikan kepercayaan kepada saya untuk menjadi kepala suiku Maluku Tengah diseluruh pegunungan tengah Papua periode 2013-2018,” ucap Chirtian Sohilait usai dikukuhkan kepada wartawan di Gedung Ukumearek Asso, Sabtu (29/9).

Chirtian mengakui, dengan dikukuhkan dirinya sebagai kepala suku maka ada beberapa agenda yang akan dilakukan, yakni konsolidasi internal kerukunan dan mendata kembali warga Maluku Tengah yang tersebar di seluruh kabupaten pemekaran di Pegunungan Tengah Papua. “Saya tidak akan bicara banyak, karena ini adalah kerukunan. Saya akan melanjutkan semua program yang sudah ditetapkan dan dilakukan oleh teman-teman pengurus terdahulu,” katanya.

Dikatakan, untuk menjaga silahturahmi antara warga Maluku Tengah maka dirinya akan menggelar pertemuan. “Kita pertemuan barang satu atau dua kali untuk jaga silahturami kita supaya jangan putus karena kita ini banyak yang tersebar dibanyak kabupaten. Ada beberapa kabupaten yang gampang kita komunikasi dan ada yang susah,” ucap Chirtian Sohilait.

Untuk itu dirinya menghimbau kepada warga Maluku Tengah di Pegunungan Tengah Papua, untuk terus memberikan dukungan melalui profesi atau tugas yang sedang diemban dimasing-masing kabupaten.

“Karena itu saya menghimbau kepada seluruh warga Maluku tengah yang ada diseluruh papua untuk memberikan dukungan. Kita ada ditanah ini, mari kita beri kontribusi lewat apa yang ada, kalau profesi sebagai tentara, guru, PNS mari kita beri kontribusi melalui apa yang kita punya, artinya tidak boleh menyia-nyiakan jasa orang-orang tua kita yang pernah mengabdi pada tahun 60-an di wilayah Pegunungan Tengah Papua ini,” pesanya.

Sementara itu mantan Kepala Suku Maluku Tengah di wilayah Pegunungan Tengah Papua, Drs. Christian Manuputy saat memberikan mandat kepada Christian Sohilait berharap agar kepala suku yang baru dapat menjalankan progam yang sudah ada, dan bisa lebih baik lagi ke depanya dalam merangkul seluruh masyarakat khususnya masyarakat Maluku dan bersinergi dengan ikatan keluarga maupun paguyuban lainya.

“Jika dalam periode kepengurusan lalu ada kesalahan saya minta maaf, kepada seluruh warga Maluku di Jayawijaya dan Pegunungan Tengah Papua lainya mari sama-sama mendukung kepengurusan yang baru,” ungkap Manuputy. (Jubi/Islami)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  CHRISTIAN SOHILAIT DIKUKUHKAN JADI KEPALA SUKU MALUKU TENGAH