DEWAN ADAT SUKU SENTANI AKAN GELAR SIDANG ADAT

share on:

Sentani, 28/9 (Jubi) – Dewan Adat Suku Sentani akan mengelar sidang adat dengan agenda pembicaraan nasib orang Sentani, baik masa lalu, kini dan masa yang akan datang. “Sidang adat ini, rencananya akan digelar 2 Oktober nanti,” tutur Ketua Panitia Sidang Adat, Nulce Monim, ke tabloidjubi.com di Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, Sabtu (28/9).

Menurut Nulce, sidang adat ini melibatkan sejumlah pihak yang berkepentingan dan bertanggungjawab dengan keberadaan orang Sentani. “Pemerintah Kabupaten Jayapura, para Ondofolo Hose, tokoh perempuan, tokoh pemuda, akan membicarakan Suku Sentani hari ini dan masa depan,” tuturnya.

Nulce masih merahasiakan tempat sidang adat ini. Namun pokoh-pokok sidang yang bakal menjadi perhatian utama tentang tatanan adat yang mulai terkikis dan tanah adat yang kini menjadi bahan komiditi paling laris di Kabupaten Jayapura. “Mengenai tatanan adat, kompensasi, tanah adat, dan tanah adat tidak di jual tetapi kontrak,” tegasnya.

Nulce berharap dengan agenda ini, mengajak semua Ondofolo Hose menentukan satu peraturan adat yang tegas, yang meindunggi tanah adat orang Sentani di hari ini dan hari-hari yang akan datang. “Kita sangat optimis memiliki peraturan adat yang tegas melindunggi tanaht adat,” tuturnya.

Salah satu tokoh masyarakat Sentani, Agust Wally, berharap para Ondofolo Hose melalui siding adar nnti bisa menghasilkan satu peraturan yang tegas. “Kita harap adat harus memiliki aturan yang tegas mengatur tanah adat ini,” tuturnya. (Jubi/Mawel)