DI JAYAPURA, PEREKAMAN E-KTP MASUK SEKOLAH

share on:
proses perekaman di SMA N. 4 Jayapura(Jubi/Sindung)

Jayapura, 3/10(Jubi)Tidak hanya perekaman kartu Penduduk Eelektronik (E-KTP)  di Distrik di seluruh Kota Jayapura, akan tetapi proses perekaman e-KTP mulai merambat masuk ke lingkungan sekolah. Untuk pertama kalinya di Jayapura, perekaman kartu indentitas diri ini berlangsung  di SMA Negeri 4 Entrop, Kota  Jayapura.

Tim Teknis Supervisi Perwakilan Dirjen Dukcapil Kementrian Dalam Negeri, Eko Supriyadi menjelaskan perekaman ini untuk mempermudah proses pendataan kependudukan di masa mendatang meski yang direkam belum genap berusia 17 tahun, sesuai dengan persyaratan yang diperlukan untuk memiliki KTP.  “Yang kita rekam disini adalah siswa dari  kelas X (sepuluh) sampai XII (dua belas), rata-rata usia mereka 15 tahun mendekati 16, sampai yang berusia 17 tahun,” tutur Eko kepada tabloidjubi.com, Kamis (3/10).

Lanjut dia, perekaman sudah berlangsung disekolah ini  sejak 23 September hingga  3 Oktober ini. Sejak mulai perekaman hingga kini,sudah 910 orang siswa yang terekam. Dukcapil menargetkan siswa yang harus mendapat perekaman sebanyak 1.200 hingga 1.400 siswa.

Nantinya, imbuh dia, para siswa yang saat ini masih dibawah usia, tidak perlu melakukan perekaman kembali saat mereka memasuki usia 17 tahun, karena pada saatnya data mereka sudah secara otomatis akan terangkat dan akan dilakukan pencetakan e-KTP karena sudah direkam. “Siswa ini bisa langsung mengambil e-KTP mereka di Kelurahan tempat mereka berdomisili, apalagi mulai 2014 pencetakan sudah mulai dilakukan dimasing-masing daerah,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 4 Jayapura, I Wayan Mudiyasa, mengaku  sangat mendukung perekaman e-KTP yang dilakukan di sekolah yang dipimpinya. Bagi dia, perekeman itu mendukung program pemerintah. Tapi juga,  membantu siswa karena tidak perlu melakukan perekaman di luar sekolah saat jam belajar.

“Kegiatan ini sangat positif karena mengurangi jam para siswa keluar (sekolah-red), kalau mereka tidak direkam di sekolah otomatis mereka ijin, dan minimal mereka ijin selama satu hari, kalau di sekolah otomatis tidak mengurangi jam belajar,” ucap dia. (Jubi/Sindung)

Tags:
Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  DI JAYAPURA, PEREKAMAN E-KTP MASUK SEKOLAH