WALAU DIGUGAT, KPUD MIMIKA LANJUTKAN TAHAPAN PEMILUKADA

share on:
11 Calon Bupati dan Wakil Bupati Mimika saat foto bersama usai penetapan nomor urut di Graha Eme Neme Yauware di Timika, 24 Agustus lalu (Jubi/Eveerth)

Timika, 3/10 (Jubi) – Anggota KPUD Mimika, Marselus Dou mengatakan, walaupun ada gugatan yang telah dimenangkan oleh pasangan calon yang tidak lolos verifikasi dan penetapan, akan tetapi pihaknya siap melakukan banding serta tahapan Pemilukada (Pemilihan Kepala Daerah) tetap berjalan sesuai jadwal.

“Kami tetap melakukan semua tahapan Pemilukada berdasarkan jadwal yang sudah di tetapkan, walaupun kami juga sudah siapkan apa yang menjadi gugatan terhadap putusan PTUN (Pengadilan Tata Usaha Negara),” ujar Anggota KPU Mimika, Marselus Dou, ke tabloidjubi.com, di Timika, Kamis (3/10).

Lanjut dia, KPUD Mimika tidak akan melakukan penundaan terhadap tahapan pelaksanaan pilkada, walaupun ada gugatan di PTUN Jayapura yang dilakukan dua pasangan bakal calon yang tidak lolos verifikasi. “Tahapan pilkada tidak mungkin ditunda hanya karena ada gugatan dari pasangan yang tidak lolos verifikasi,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, sesuai jadwal Pencoblosan akan dilakukan pada 8 Oktober 2013, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 223.409, di  568 TPS di 12 Distrik se- Kabupaten Mimika.

Sementara itu, Ketua KPUD Mimika, Karolus Tsumne menegaskan, tahapan pilkada tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan yakni 8 Oktober mendatang akan dilakukan pencoblosan.“ KPUD Mimika tidak akan melakukan penundaan terhadap tahapan pelaksanaan pilkada, walaupun ada gugatan di PTUN Jayapura,” kata dia.

Lanjut dia, pihaknya sementara  menyiapkan bahan untuk banding terhadap kasus gugatan yang diajukan pasangan bakal calon independen yakni Longginus Kareyauw – Armuniati dan Markus Timang – Leonardos Ukapoka. “Tahapan tetap dilaksanakan sesuai jadwal karena KPUD Mimika akan banding dan melakukan verifikasi aktual,” tuturnya.

Dia menambahkan, Pemilukada Mimika akan diikuti oleh 11 pasangan calon bupati dan wakil bupati Mimika periode 2013 – 2018, dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap sebanyak 223.409, pada  568 TPS di 12 distrik se Kabupaten Mimika.

Adapun, 11 calon yang akan bertarung tanggal 8 Oktober 2013 dan  ditetapkan lolos berdasarkan nomor urut sebagai cabup dan cawabup Mimika, yakni Pertama, Pdt. Yamenal Paulus Maniagasi M.Th – Parjono (diusung oleh Partai Bulan Bintang, Partai Matahari Bangsa, Partai Kasih Demokrasi Indonesia, Partai Karya Perjuangan, Partai Pemuda Indonesia, PNI Marhaenisme, Partai Perhimpunan Indonesia Baru, Partai Persatuan Daerah, Partai Demokrasi Kebangsaan, Partai Nasional Banteng Kemerdekaan, Partai Peduli Rakyat Nasional, Partai Pengusaha Dan Pekerja Indonesia).

Kedua, Abdul Muis, ST, MM – Hans Magal, SP (diusung oleh Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Hanura, Partai Patriot, PDI Perjuangan). Ketiga, Drs. Yoseph Yopi Kilangin – H. Andi Tajerimin Nur (diusung Partai Buruh dan Partai Keadilan Sejahtera). Keempat, Agustinus Anggaibak – La Sarudi P (jalur perseorangan). Kelima, Agapitus Mairimau, S.Sos – Ust. Setiyono, S.Pd (jalur perseorangan). Keenam, Athanasius Allo Rafra, SH, M.Si – Titus Natkime, SH (diusung Partai Republikan, Partai Pelopor, Partai Demokrasi Pembaharuan, Partai Indonesia Sejahtera, Partai Penegak Demokrasi Indonesia). Ketujuh, Pither Yan Magal – Philipus Wakerkwa, SE, M.Si (diusung Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional).

Kedelapan, Samuel Farwas, S.Sos, M.Pd – Virgo H. Solosa (jalur perseorangan). Kesembilan, Eltinus Omaleng – Yohanis Bassang, SE, M.Si (jalur perseorangan). Kesepuluh, Trifena M. Tinal, B.Sc – Anastasia Tekege, S,Ag (diusung Partai Golkar, Partai Damai Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Nasional Ulama dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia). Kesebelas, Alfred Douw, S.Pd – Lalu Suryadarma (jalur perseorangan). (Jubi/Eveerth)

Tags:
Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  WALAU DIGUGAT, KPUD MIMIKA LANJUTKAN TAHAPAN PEMILUKADA