KADISTRIK TIGI BARAT BANTAH KASUS HIV DI DAERAHNYA

share on:
Distrik Tigi Barat terletak tepatnya di tengah-tengah dua gunung di Kabupaten Deiyai. Dalam temuan Dinkes setempat, terdapat 9 kasus HIV di Distrik yang dikepalai oleh Frans Bobii (Jubi/Roberth Wanggai)

Nabire, 19/10 (Jubi)Distrik Tigi Barat Kabupaten Deiyai, Papua, dari data yang dikeluarkan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat,  Distrik Tigi terhitung sebagai distrik ketiga penyumbang kasus HIV terbanyak dari lima distrik yang ada.

Berdasarkan data  Dinkes, tercatat 36 kasus  dimasing-masing distrik. Dari 36 kasus tersebut, sembilan kasus diantaranya kasus HIV. Distrik Tigi menduduki urutan pertama dengan jumlah kasus  sebanyak 13. Kemudian urutan kedua Distrik Tigi Timur, dengan 10 kasus.

Menanggapi kasus itu, Kepala Distrik (Kadistrik) Tigi Barat, Frans Bobii saat ditemui tabloidjubi.com, Sabtu (19/10) mengatakan tidak yakin dengan data itu. Frans membantah data-data yang dikeluarkan dinas kesehatan setempat.“Saya sangat tidak yakin, saya prihatin atas pemaparan itu,” kata  Frans. Menurut dia,  presentasi yang disampaikan oleh Dinkes setempat, secara tidak langsung menganggu psikologis masyarakat Deiyai.

Bagi dia, ada dua alasan mengapa dirinya membantah presentasi yang disampaikan oleh Dinkes. Pertama, selama ini Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Deiyai belum terbentuk. Kedua, selam lima tahun tidak pernah ada instansi terkait turun langsung ke distrik untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap masyarakat.

Sebelumnya, Jumat (18/10) pengelola program Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai, Christianus Tebay saat memaparkan data HIV/AIDS di lima distrik yang ada di Kabupaten itu, menyebut ada 36 kasus HIV di lima  distrik yakni di Distrik Tigi, Distrik Tigi Barat, Distrik Timur, Distrik Bouwo dan Distrik Kapiraya.

Distrik Tigi sebanyak 13 kasus, Distrik Tigi Timur 10 kasus, Distrik Tigi Barat 9 kasus. Selanjutnya, Distrik Bouwo dan Distrik Kapiraya masing-masing satu kasus. (Jubi/Roberth Wanggai)

Editor : MUSA ABUBAR
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KADISTRIK TIGI BARAT BANTAH KASUS HIV DI DAERAHNYA