PENDAFTARAN CPNS DIBUKA, HARGA TIKET PESAWAT MAHAL

share on:
Trigana Air Service Boeing 737-200 (img.planespotters.net)

Jayapura, 23/10 (Jubi) – Tiket pesawat Trigana dengan tujuan Jayapura-Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua dan sebaliknya melonjak lebih dari dua kali lipat dari harga normal sejak satu minggu belakangan ini. Harga tiket yang biasanya dijual dengan rata-rata Rp600 ribu hingga Rp800 ribu, meningkat hingga Rp2-2,5 juta per tiket sekali terbang.

“Bahkan ada yang harganya bisa mencapai Rp3 juta. Selain itu, juga kadang kami sulit mendapatkan tiket. Para penjual tiket biasanya mengatakan kalau tiket sudah habis. Sehingga kadang, harus tunggu beberapa hari atau harus beli di calo tiket dengan harga lebih mahal,” kata Rusdi (38 tahun), salah satu calon penumpang Jayapura-Wamena, Rabu (23/10).

Tiket penerbangan satu-satunya jalur untuk menembus ke sejumlah kabupaten di wilayah pegunungan tengah Papua ini, juga sulit didapatkan para penumpang karena hilang dari pasaran. Ada dugaan permainan kenaikan harga tiket dipengaruhi banyaknya penumpang menuju Wamena, guna mendaftar sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) di sejumlah kabupaten yang ada di daerah pegunungan tengah Papua.

Lonjakan penumpang ke Wamena dan ke beberapa wilayah pegunungan tengah Papua tinggi, diakui Area Manajer Maskapai Trigana Papua, Bustomi Eka Prayitno. “Lonjakan penumpang terjadi dalam dua minggu belakangan ini,” katanya ke wartawan, saat ditemui di acara Rapat antara Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua bersama Kepala Bandara Sentani Jayapura dan seluruh operator penebangan, di Kantor Dinas Perhubungan Jayapura, Kota Jayapura, Papua, Rabu (23/10).

Bustomi mengklaim, pihaknya menjual tiket secara online kepada penumpang masih dengan harga normal. Tapi ada dugaan kenaikan harga tiket ini dilakukan para calo di lapangan. “Karateristik di Papua ini orang jarang reservasi, pokoknya datang, ada tiket langsung berangkat. Nah, disitulah calo-calo ikut bermain. Kalau kita reservasi, kita bisa sikat permainan travel seperti ini, kan diblock aja. Hanya saja kadang kita beli tiket berapa pun harganya, kita beli yang penting berangkat,” jelasnya.

Melonjaknya harga tiket, kata Bustomi, juga mungkin dikarenakan armada yang melayani rute itu hanya tersisa satu pesawat dan ini yang menyebabkan terjadinya penumpukan penumpang. “Untuk mengantisipasi hal ini, kami pada akhir Oktober nanti akan mendatangkan pesawat jenis Boeing untuk menambah armada dengan rute Jayapura-Wamena dan sebaliknya,” katanya.

Bustomi juga mengatakan, pihaknya bersepakat memutuskan menarik armada Trigana jenis Boeing dari Kalimantan ke Papua karena bisnis di Papua cukup bagus, sementara di Kalimantan, Trigana sudah kalah besaing dengan maskapai lain. “Apalagi saat ini pesawat kami ATR72 sedang inspeksi dan bisa memakan waktu dua-tiga bulan, tergantung alat yang diganti, apakah ada atau tidak,” katanya. (Jubi/Levi)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PENDAFTARAN CPNS DIBUKA, HARGA TIKET PESAWAT MAHAL