BEBERAPA PEMILUKADA BERPOTENSI SAMPAI KE DKPP

share on:
Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian. (Jubi/Arjuna)

Jayapura, 25/10 (Jubi) – Kapolda Papua, Irjen Polisi Tito Karnavian mengatakan, ada beberapa Pemilukada yang perpotensi adanya gugatan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

“Saya tidak mengatakan ada potensi konflik Pemilukada yang ada. Cuma ada beberapa Pemilukada yang berpotensi naik, artinya ada pihak yang tidak puas dengan hasil Pemilukada maupun mekanisme pelaksanaannya yang kemudian indikasi munculnya gugatan ke DKPP di KPU pusat. “Contohnya di Jayawijaya. DKPP, keputusannya empat anggota KPU kemudian dinonaktifkan. Biak, DKPP, dua dinonaktifkan. Timika, saya dengar kemungkinan juga akan ke DKPP,” kata Tito, Jumat (25/10).

Dikatakan Tito, artinya hal ini menjadi koreksi bagi KPU agar bisa mengakomodir semua pihak dan menyelenggarakan Pemilukada benar-benar sesuai aturan. “Sehingga potensi orang untuk menggugat itu kecil, dan menerima kekalahan. Meski itu hak mereka untuk menggugat. Itu yang saya maksud. Yang kedua indikator lainnya adalah gugatan MK. Adanya gugatan MK seperti kasus Intan Jaya kan tidak ada gugatan ke MK, itu bagus,” katanya.

Untuk gugatan ke MK lanjut Tito, meski itu adalah hak, tapi jika disuruh memilih, Pemilu berlangsung aman, lancar tanpa ada gugatan atau Pemilu berlangsung ada konflik termasuk secara fisik seperti di Puncak dan ada gugatan MK lagi. “Tentu yang baik kan tentu berjalan lancar. Nah disitulah peran KPU. Kalau KPU melaksanakan sesuai aturan semua pihak puas,” katanya. (Jubi/Arjuna)

Tags:
Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BEBERAPA PEMILUKADA BERPOTENSI SAMPAI KE DKPP