BPBD PAPUA HARUS PIKIRKAN ADANYA DEPO LOGISTIK

share on:
Pertemuan Tanggap Darurat.(Jubi/Alex)

Jayapura, 25/10 (Jubi) – Dengan digelarnya rapat koordinasi bantuan kedaruratan dan sosialisasi pedoman bidang penanganan darurat oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), diharapkan telah memberikan kesempatan yang sangat luas kepada para pejabat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Papua untuk memahami prosedur penanganan darurat.

Sehingga, jika nantinya telah ada kesepakatan, hendaknya mulai dipikirkan adanya depo-depo logistik di wilayah Timur khususnya di Papua untuk mempersingkat waktu pemberian pelayanan daruat kepada korban bencana guna meminimalisir korban jiwa sebagai akibat keterlambatan dalam hal pemberian bantuan yang penting dan mendesak pada dituasi daruat.

“Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berarti meningkatkan kapasitas pemerintah baik di tingkat maupun kabupaten/kota dalam penyelenggaran penanganan darurat. Untuk itu, jika nantinya telah ada kesepakatan, hendaknya mulai dipikirkan adanya depo-depo logistik di wilayah Timur khususnya di Papua untuk mempersingkat waktu pemberian pelayanan daruat kepada korban bencana,” kata Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen kepada wartawan, di Jayapura, Jumat (25/10).

Penanggulangan bencana diperlukan kesiap siagaan dan responsif yang tinggi dalam hal memberikan pelayanan kepada masyarakat terdampak bencana, terutama pada situasi tanggap darurat. Semua ini hanya terwujud apabila daerah memiliki kapasitas yang baik dalam menghadapi bencana.

“Dengan diselenggarakannya rapat koordinasi bantuan kedarutan dan sosialisasi pedoman bidang penanganan darurat ini di Jayapura. Berarti telah memberikan kesempatan yang sangat luas kepada para pejabat BPBD baik provinsi maupun kabupaten/kota se-Papua untuk memahami prosedur penanganan darurat. Kegiatan ini memiliki manfaat yang sangat besar bagi peningkatan kapasitas sumber daya manusia yang berarti meningkatkan kapasitas pemerintah baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota dalam penyelenggaran penanganan darurat khususnya,” jelasnya.

Sementara itu, Deputi Bidang Penanganan Darurat Bencana BNPB, Tri Budiarto mengatakan, faktanya, sampai dengan hari ini, rata-rata anggaran APBD kabupaten/kota dari Sabang sampai Merauke rata-rata hanya 0,045 persen. Untuk itu, pesan saya, jika ingin menjadi sebuah lembaga yang professional dalam penanganan bencana, maka anggaran penanganan bencana, logikanya besar termasuk anggaran-anggaran yang dialokasi APBD kabupaten/kota dan provinsi.

“Maknanya, ke depan harus ditambah jika kita ingin melakukan langkah-langkah untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat, memberikan pelayanan umum yang terbaik untuk masyarakat korban bencana,” kata Tri.

Ditambahkannya, semakin cukup anggarannya, maka responsibility dari BPBD di kabupaten/kota tentu akan semakin cepat, lebih sigap dan kehadiran dalam setiap kejadian bencana lebih awal dan tingkat keberhasilan serta percepatan dalam penanganan bencana.

“Untuk posisi di Papua, baru ada 21 kabupaten/kota yang telah memiliki BPBD dari 29 kabupaten/kota yang ada atau baru 60 persen sudah ada BPBD, idealnya jika semua kabupaten/kota di Papua punya responsibility seperti itu, sehingga fungsi pelayanan dan perlindungan yang diberikan pemerintah kepada rakyatnya lebih optimal,” ujarnya. (Jubi/Alex)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BPBD PAPUA HARUS PIKIRKAN ADANYA DEPO LOGISTIK
  • Patricia Kingsman

    Nama saya Mrs Patricia Kingsman kami adalah pemberi pinjaman legit baru 2016 dan kami ingin membantu setiap tat tubuh membutuhkan bantuan keuangan kami tawarkan sebagai dari $ 500.000,00 dan $ 5.000.000,00 dan di atas itu jadi jika Anda memerlukan bantuan silakan kirim email di: patriciakingsman. loans2016@gmail.com sehingga transaksi pinjaman Anda dapat berlangsung sekarang Anda akan dengan pinjaman Anda dalam 24 jam ke depan itu adalah transfer yang cepat dan aman tanpa penundaan. Jadi email: patriciakingsman.loans2016@gmail.com jika tertarik.

    Email: patriciakingsman.loans2016@gmail.com

    View Comment
  • MARY WILLIAM

    Jeste li u potrazi za kredit? vi ste na pravo mjesto za svoj kredit rješenja upravo ovdje! Global Finance Limited davati kredite tvrtkama i pojedincima na niske i pristupačne kamatnu stopu od 2%. molimo da nas kontaktirate putem e-maila putem marywilliam902@gmail.com

    View Comment
  • Indriaty Manirjo

    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    View Comment
  • Solusi Cepat Kaya

    ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,

    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada
    teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang
    property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan
    fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya
    kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri
    dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan
    saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper
    bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi
    entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg
    menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan
    kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
    dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu
    katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya
    kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu
    saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan
    menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan
    hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya,
    akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya
    lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI
    JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN
    DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI
    JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).

    View Comment
  • Citi Mortage

    Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi hutang atau membayar tagihan atau memulai bisnis? Anda memiliki skor kredit yang rendah dan menjadi sulit untuk mendapatkan pinjaman Silahkan hubungi CITI Mortage KREDIT PERUSAHAAN, dan mendapatkan pinjaman Anda tanpa kesulitan. Tingkat bunga adalah 2%. Untuk informasi lebih lanjut hubungi alamat email perusahaan Via email: CITIMORTAGE01@GMAIL.COM atau teks kami di nomor telepon 19179332020

    View Comment
  • Almira Balamantri

    Apakah Anda tidak stabil secara finansial, apakah Anda memerlukan Pinjaman untuk meningkatkan bisnis, pertanian, kontrak, atau Anda ditolak oleh bank Anda karena satu dan lain hal? Apakah Anda ingin memperbaiki standar keuangan Anda? Ahli pinjaman kami berasal dari komunitas Anda, memahami situasi unik Anda, dan akan memperlakukan Anda dengan jujur, bermartabat, dan hormat. Selama lebih dari 30 tahun, kami telah membantu orang-orang yang bekerja keras untuk mengatasi tantangan hidup dengan memberikan bantuan yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya. Tujuan kami adalah untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik dan memberdayakan Anda untuk mengendalikan keuangan Anda. Kami memberikan pinjaman kepada individu, real estat, pembelian mobil, pembelian rumah, sektor industri e.t.c, dengan suku bunga rendah dan terjangkau.
    Hubungi kami hari ini via
    Email: almirabalamantrilenders@gmail.com
    BBM: D8BFF2FF

    View Comment
  • Almira Balamantri

    Apakah Anda tidak stabil secara finansial, apakah Anda memerlukan Pinjaman untuk meningkatkan bisnis, pertanian, kontrak, atau Anda ditolak oleh bank Anda karena satu dan lain hal? Apakah Anda ingin memperbaiki standar keuangan Anda? Ahli pinjaman kami berasal dari komunitas Anda, memahami situasi unik Anda, dan akan memperlakukan Anda dengan jujur, bermartabat, dan hormat. Selama lebih dari 30 tahun, kami telah membantu orang-orang yang bekerja keras untuk mengatasi tantangan hidup dengan memberikan bantuan yang Anda butuhkan saat Anda membutuhkannya. Tujuan kami adalah untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik dan memberdayakan Anda untuk mengendalikan keuangan Anda. Kami memberikan pinjaman kepada individu, real estat, pembelian mobil, pembelian rumah, sektor industri e.t.c, dengan suku bunga rendah dan terjangkau..
    Hubungi kami hari ini via
    Email: almirabalamantrilenders@gmail.com
    BBM: D8BFF2FF

    View Comment