YORRYS RAWEYAI: MASALAH MSG PENTING DI DPR-RI

share on:
Anggota DPR-RI, Yorrys Raweyai. (Jubi/Levi)

Jayapura, 24/10 (Jubi)Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Yorrys Raweyai mengatakan, isu Papua selalu menjadi isu penting dalam setiap pembahasan di DPR-RI. Isu Papua yang menguat saat ini adalah Melanesian Spearhead Groups (MSG).

“Papua menjadi isu paling penting sekarang di DPR-RI, selalu nomratif saja. Saya mencoba mengangkat berbagai masalah Papua dalam pertemuan-pertemuan kami. Dan hal yang serius kita bahas saat ini, yaitu masalah MSG,” kata Yorrys saat bincang-bincang dengan para wartawan di Swiss-bell Hotel, Jayapura, Kamis (24/10) malam.

Menurut Yorrys, road show di luar negeri yang dilakukan Benny Wenda tentang hak-hak hidup di tanah Papua mendapat simpati yang cukup luas. Sehingga pihaknya membentuk Panja Khusus masalah Papua di DPR-RI. Masalah Papua memang terlalu cepat menjadi isu internasional.

“Sehingga saya berharap Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indoensia harus membangun komunikasi dari atas hingga ke bagian paling bawah di Papua. Carut marut politik bukan pada tataran pelaku politik praktis yang ada di dewan saja saat ini tetapi intelektual bangsa juga sudah masuk pada tataran ini. Dinamika politik terus bergerak dinamis dalam enam bulan ke depan,” tutur Yorrys lagi.

Terkait hal itu, Ketua Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Jayapura di Papua, Victor Mambor menilai, saat ini Papua dalam keadaan krisis kepemimpinan. Victor juga mengkritisi kepemimpinan para pejabat di Papua saat ini, termasuk Gubernur Papua. “Seharusnya, orang-orang di sekitar gubernur misalnya harus lebih baik. Sehingga ada hal yang lebih baik yang dapat dilakukan oleh gubernur,” katanya, dihadapan wartawan di Swiss-bell Hotel, Jayapura, Kamis (24/10) malam.

Selain itu, menurut Victor, perlu terus melatih anak-anak muda jadi pemimpin, seperti yang dilakukan di Sekolah Demokrasi. “Sebab ini menjadi penting. Artinya, masih ada tempat yang lebih luas untuk belajar bertanggungjawab. Banyak anak muda sekarang yang punya kemampuan dan  kapasitas, tapi tak diberi tanggungjawab. Sehingga akhirnya mereka jadi frustasi,” katanya. (Jubi/Aprila Wayar)

Editor : CUNDING LEVI
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  YORRYS RAWEYAI: MASALAH MSG PENTING DI DPR-RI