YANG TERJADI DI PAPUA SEJAK TAHUN 1990 (TAHUN 1990)

share on:
Perbatasan RI – PNG (http://korem172.wordpress.com)

Jubi, 28/10 (Jayapura) – Beberapa peristiwa penting yang terjadi di Papua sejak tahun 1990 masih memberikan pengaruh hingga saat ini. Salah satunya adalah perjanjian kerjasama perbatasan Indonesia – PNG.

Berikut adalah beberepa peristiwa penting tersebut yang terjadi pada tahun 1990.

Apr 1990
Indonesia dan Papua Nugini menandatangani kesepakatan yang mencakup ketentuan untuk kerjasama keamanan yang lebih erat di sepanjang 800 km perbatasan antara kedua negara. Sebuah kerangka kerja telah dirancang untuk lebih cepat tanggap dan menempatkan masalah perbatasan dalam pembicaraan tingkat tinggi kedua negara. Perjanjian kerjasama ini sangat jelas mengarah pada operasi militer bersama .

Jun 1990
Tentara Indonesia masuk ke wilayah PNG untuk mengejar pemberontak separatis. Menyusul bentrokan antara tentara dan TPN/OPM, sekitar 200 warga yang tinggal di sekitar perbatasan melarikan diri ke sisi PNG selama akhir Mei dan awal Juni .

Oktober 1990
Indonesia dan PNG meratifikasi perjanjian perbatasan baru. Sebuah sub – komite tentang masalah keamanan , dengan komandan militer dari kedua negara , dibentuk dan komitmen formal dibuat untuk berbagi data intelijen tentang perbatasan.

Desember 1990
Panglima TNI, Jenderal Tri Sutrisno , melakukan kunjungan ke PNG untuk bertemu dengan pejabat tinggi pemerintah PNG. Ini adalah kunjungan pertama ke PNG yang dilakukan oleh kepala angkatan bersenjata Indonesia. Dalam bulan yang sama, dua misionaris Amerika dan Selandia Baru, bersama dengan 3 pekerja konstruksi Filipina dan seorang penjaga perbatasan PNG dibebaskan setelah 12 hari disandera anggota TPN/OPM. (Jubi/Victor Mambor)

Sumber : Minorities at Risk

Editor : -
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  YANG TERJADI DI PAPUA SEJAK TAHUN 1990 (TAHUN 1990)