PERSIDO DOGIYAI, PENDATANG BARU DI DIVISI III PAPUA

share on:
Yosep Iyai (baju merah) dan Linus Pekei (helm) usai beri latihan tim Persido Dogiyai di Nabire baru-baru ini. (Jubi/Markus You)

Jayapura, 30/10 (Jubi) — Baru kali ini tim sepak bola asal Kabupaten Dogiyai, Persido, akan berpartisipasi dalam kompetisi Divisi III PSSI Papua. Dengan berkekuatan 18 pemain, tim besutan Yosep Iyai siap bertanding di Jayapura.

“Ya, Persido baru pertama kali mau ikut Divisi III. Beberapa waktu lalu kami sudah hubungi pengurus PSSI Papua, Stev Dumbon, bahwa Persido akan ikut. Jadi, secara tim, adik-adik sudah siap main,” kata manajer Persido Dogiyai, Linus Pekei ketika ditanya tabloidjubi.com melalui telepon seluler, Rabu (30/10) sore.

Pembentukan tim Persidogi, kata dia, dilakukan dengan proses seleksi pemain yang dipusatkan di Moanemani, ibukota Kabupaten Dogiyai. Anak-anak dari 10 distrik diseleksi, kemudian yang terbaik direkrut untuk ikut digembleng selama tiga bulan. Beberapa pemain lainnya diambil dari Nabire. “Yang dari Nabire itu juga anak-anak dari Dogiyai. Mereka gabung dan tiap sore pelatih beri latihan dan diselingi uji coba dengan Persinab, Persipani, Moni FC, dan beberapa klub lokal,” tutur Linus Pekei.

Target di Divisi III tak muluk-muluk. Sebagai pendatang baru, Persido tentu akan meladeni tim-tim dari kabupaten lain yang sebelumnya sudah pernah berkompetisi. “Menang dan lolos atau tidak bukan target utama. Yang paling penting, anak-anak bisa tampil baik dan keikutsertaan Persido kali ini sekaligus mau memperkenalkan kepada publik untuk kami kembali persiapan agar bisa tampil pada tahun-tahun mendatang,” tandasnya.

Sebelumnya, Pelatih Kepala Persido Dogiyai, Yosep Iyai mengatakan, tim dipersiapkan sejak beberapa bulan lalu. Hanya saja, pelaksanaan kompetisi Divisi III yang awalnya direncanakan pada Mei 2013 batal, sehingga sempat dibubarkan dan kembali dipanggil lagi. “Kita latihan sambil tunggu kepastian kompetisinya,” kata mantan pemain PSBL Lampung dan Arema Malang ini.

Setelah ada informasi tentang pelaksanaan Divisi III, imbuh Linus, tim Persido akan ke Jayapura hari Sabtu (2/10).

Yosep Iyai memastikan, skuad besutannya siap bertanding. “Kondisi pemain (18 orang, red.) tidak ada masalah,” ujarnya.

Data dari Panpel Kompetisi Divisi III PSSI Papua tahun 2013, beberapa tim yang sudah pasti bermain adalah Persido Dogiyai, Persidei Deiyai, Persinja Intan Jaya, Persipun Puncak, Persilany Lany Jaya, Nabire Putra FC, Persiker Keerom, Persimi Sarmi, dan Emsyk FC.

Pihak Panpel masih membuka kesempatan bagi tim lain untuk mendaftar, karena dealine besok (31/10). Dalam beberapa hari ini, tim diminta melengkapi administrasi sekaligus screening pemain. Kompetisinya akan dimulai 4 November 2013 yang rencananya pembukaan dipusatkan di Stadion Mandala Jayapura. (Jubi/Markus You)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  PERSIDO DOGIYAI, PENDATANG BARU DI DIVISI III PAPUA