KAPOLRI BERIKAN TUJUH PESAN KE BRIMOB PAPUA SAAT HUT KE – 68

share on:
Kapolres Mimika, AKBP. Jermias Rontini bersama pimpinan Brimob Timika, foto bersama usai upacara di Lapangan Timika Indah (Jubi/Eveerth)

Timika, 14/11 (Jubi)  —-  Tujuh pesan penting Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Jenderal Sutarman terdengar menggema pada peringatan dan perayaan hari ulang tahun (HUT) Satuan Brigade Mobil (Brimob) ke-68 yang digelar Satuan Brimob Detasemen B Polda Papua di Lapangan Timika Indah, Kamis (14/11).

Sambutan Kapolri Sutarman yang dibacakan Inspektur Upacara, Direktur Reserse Narkoba Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ermi Widyatno menekankan jajaran Korps Brimob Polri untuk, pertama, sebagai hamba Tuhan maka Korps Brimob harus selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral, agar dalam melaksanakan tugas selalu mendapatkan rahmat dan hidayah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Kedua, Korps Brimob Polri harus terus juga memelihara semangat solidaritas dan pengabdian yang telah dibangun selama ini. Jangan sekali-kali menodai kebanggaan yang telah ditebus dengan pengorbanan sejauh ini dengan perbuatan-perbuatan yang akan menistai kehormatan Korps Brimob Polri.

Ketiga, Korps Brimob Polri harus ingat bahwa profesionalisme tidak dapat diraih begitu saja tetapi harus diwujudkan dengan pelatihan yang keras, berat, dan ikhlas. Ada semboyan yang harus dihayati seluruh anggota Korps Brimob Polri adalah, “lebih baik mandi keringat dalam latihan daripada mandi darah dalam pertempuran.”

Keempat, Mantan Kabareskrim ini juga meminta Korps Brimob Polri meningkatkan perannya, terutama unsur pimpinan sebagai bentuk pengawasan dan pengendalian. Sebagai kesatuan Polri yang selalu melaksanakan tugas dalam ikatan satuan, maka selain solidaritas dan profesionalisme itu, ada satu hal lagi yang tak kalah penting adalah peran kepemimpinan pada setiap lini dalam Kesatuan Brimob. Kualitas kepemimpinan pada hakekatnya ditentukan oleh dua aspek penting yang saling mendukung, yakni aspek penguasaan pengetahuan dan keterampilan serta aspek integritas kepribadian.

Kelima, Korps Brimob Polri diminta membina hubungan dan koordinasi dengan kewilayahan, pemerintah daerah, dan unsur terkait, sehingga tugas yang menjadi tanggungjawabnya lebih mudah diselesaikan. Ciptakan hubungan yang harmonis dan hindarkan konflik dengan berbagai pihak.

Keenam,  Korps Brimob Polri harus terus memupuk nilai-nilai semangat juang pantang menyerah dalam setiap melaksanakan tugas yang diamanahkan masyarakat, bangsa, dan negara serta jaga keamanan diri dan keselamatan dimanapun semua anggota Korps Brimob berada.

Pesan terakhir yang ketujuh, Jenderal Sutarman juga meminta agar anggota Brimob menjaga netralitas dalam Pemilu 2014 dengan menunjukan kinerja yang tidak berpihak kepada salah satu partai politik apapun. Tidak melakukan politik praktis, sehingga Brimob dan Jajaran Kepolisian siap untuk mengamankan Pemilu 2014.

Upacara HUT Brimob Polri di Lapangan Timika Indah itu dipimpin langsung Direktur Reserse Narkoba Polda Papua, Kombes Pol. Drs. Ermi Widyatno, MM selaku Inspektur Upacara dan Iptu Bernadus M. Bonay, SH sebagai Komandan Upacara. Hadir dalam upacara ini juga Bupati Mimika, Abdul Muis, ST., MM dan Kapolres Mimika, Danlanud Timika, Danlanal Timika, Danbrigif Timika, Dansatrad Timika, Danyonif Timika serta para tamu undangan lainnya.

Pada acara HUT Brimob ini juga, Satuan Brimob detasemen B Polda Papua menggelar atraksi anjing pelacak dan tarian yospan dari anak-anak Brimob. Termasuk pemberian hadiah kepada para juara perlombaan yang digelar dalam rangka HUT Brimob, serta pemberian kursi roda kepada salah satu anggota Brimob, Petrus Uluhayaan yang mengalami cacat permanen saat menjalankan tugas.

 Anggota Brimob diminta disiplin dan berdedikasi tinggi, sebagaimana pesan Kapolri yang meminta agar pasukan Brimob menjadi pasukan yang berdisiplin tinggi, kompak, loyal, penuh dedikasi, serta dapat bergerak dengan cepat dan dinamis.

Sementara itu, sebagaimana informasi yang diterima terkait upacara HUT Brimob di Jayapura, dimana pembacaan sambutan Kapolri Sutarman di peringatan HUT Brimob di lapangan Brimob Polda Papua di Jayapura, dipimpin langsung Kapolda Papua, Irjen Pol Tito Karnavian.

Dikatakan Jenderal Sutarman, dalam perjalananya, Brigadir Mobil (Brimob) terlibat aktif dalam menumpas berbagai konfik yang terjadi di tanah air dan telah mengukir prestasi yang sangat membanggakan bangsa sehingga pada tanggal 14 November 1961 presiden Sukarno menganugerahkan, “Nugraha Cakanti Yana Utama,” sebagai  penghargaan tertinggi pemerintah atas pengabdian Brimob.

Dalam masa reformasi, Korps Brimob Polri tidak hanya mampu menghadapi berbagai gangguan keamanan dalam negeri. Namun, juga mampu menempatkan kedudukan dan tugas menyambut aspirasi masyarakyat yang mengarah kepada kehidupan bernegara yang demokratis menuju masyarakat madani.  (Jubi/Eveerth)

Editor : Albert Yomo
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  KAPOLRI BERIKAN TUJUH PESAN KE BRIMOB PAPUA SAAT HUT KE – 68