LPMA SWAMEMO MENDUKUNG BUPATI PANIAI MENERTIBKAN PERTAMBANGAN EMAS DEGEUWO

share on:
Thobias Bagubau (Jubi/Markus You)

Jayapura, 18/11 (Jubi) – Thobias Bagubau ST, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Adat Suku Wolani, Mee dan Monni berjuang menutup pertambangan emas ilegal di Degeuwo melalui jumpa pers, demonstrasi hingga audiens dengan pihak-pihak berwenang sejak tahun 2001 namun belum pernah berhasil.

“Kami ingin solusi, titik terang, solusi bagi masyarakat. Kami minta tutup tetapi ini tidak terwujud,” tuturnya dalam kunjungannya di redaksi tabloidjubi.com, Waena, Kota Jayapura, Papua, (19/11).

Menurut Thobias, LPMA SWAMEMO memikirkan langkah lain tentang penertiban area pertambangan yang bersih dari Bar, Bilyar dan pemenuhan hak-hak masyarakat yang jelas.

“Karena itu, sekarang saya pikir untuk penertiban dengan satu jaminan keamanan, kesehatan, ekonomi bagi masyarakat adat,” tegasnya.

Menurut Thobias, harapan LPMA SWAMEMO itu mendapat tangapan serius dari pemerintah kabupaten Paniai, dibawah kepemimpinan kepala daerahnya, Hengky Kayame.
“Hengky Kayame punya harapan masalah ini selesai dengan baik. Mengatur penambangan liar ini dengan baik.”

Karena itu, menurut Thobias, pihaknya akan mengatur penertiban dengan masyarakat adat.  “Kalau pemerintah mempunyai tujuan baik bagi masyarakat, kami mendukung. Lembaga ini posisinya mendukung keputusan bupati. Pemimpin yang ingin membangun itu yang menjadi ukuran dukungan kami,” tegasnya.

Dukungan itu, dengan alasan, menurut Thobias lembaga yang dipimpinnya tidak ingin orang-orang tertentu yang makan hasil penjualan emas. “Kami ingin semua orang dapat bagian hasil kekayaan alam itu. Pemerintah dapat, rakyat dapat, saya senang,” tegasnya.

Kalau sebelumnya, menurut Thobias, hanya orang-orang tertentu dari masyarakat dan pemeritah dan pengusaha yang makan.

“Saya salut tuan Thobias terus berjuang hingga ada jalan baru. Jalan ini bisa menjawab harapan rakyat atau tidak. Jangan sampai ini persoalan makin rumit,” tutur Yulianus Mabel, aktivis pembangunan masyarakat Jayawijaya. (Jubi/Mawel)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  LPMA SWAMEMO MENDUKUNG BUPATI PANIAI MENERTIBKAN PERTAMBANGAN EMAS DEGEUWO