TIGA KABUPATEN DI PAPUA MILIKI CADANGAN LOGAM TERBAIK

share on:
Ilustrasi: Wilayah Pertambangan Emas dan Tembaga, PT. Freeport Indonesia di Kabupaten Mimika. (IST)

Jayapura, 19/11 (Jubi) – Tiga kabupaten yang ada di Provinsi Papua memiliki cadangan logam terbaik. Sekretaris Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Papua, Fred Boray mengatakan, tiga kabupaten itu yakni Kabupaten Pegunungan Bintang, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Keerom.

“Cadangan logam dengan jenis emas, perak dan tembaga tertinggi terdapat di Kabupaten Pegunungan Bintang, Sarmi dan Keerom. Namun beberapa kabupaten lainnya juga memiliki cadangan logam terbaik misalnya saja di Kabupaten Intan Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Waropen, Dogiyai, Nabire, dan Maberamo Tengah. Hanya memang jumlahnya relative lebih sedikit tidak sama dengan tiga kabupaten tadi,” kata Fred Boray, Selasa (19/11).

Menurutnya, pihaknya memastikan sejumlah kabupaten tersebut merupakan zona yang memiliki potensi cadangan logam. “Beberapa kabupaten tadi kami sudah pastikan merupakan zona-zona cadangan yang sudah memiliki potensi logam. Untuk persedian logam di Papua mencapai 1 juta ton lebih,” ujarnya.

Sebelumnya, pihak Penyelidikan Mineral Logam Pusat Sumber Daya Geologi juga mengungkapkan potensi dan cadangan emas di Papua masih sangat besar. Koordinator Penyelidikan Mineral Logam Pusat Sumber Daya Geologi Armin Tampubolon mengatakan, cadangan emas di Papua yang sangat besar, sehingga butuh waktu puluhan tahun untuk mengeksploitasinya.

“Masih besar, dari Freeport itu dari sisi tembaganya saja itu 2 milliar ton, habisnya akan puluhan tahun lagi. Itu dari sisi cadangan. Masih jauh,” kata Armin Tampubolon seperti dilansir finance.detik.com.

Sementara itu Kepala Pusat Sumber Daya Geologi, Calvin Karo Karo Gurusinga mengungkapkan, pengembangan wilayah di Papua dan NTB akan terus dilakukan. Menurutnya, Papua masih memiliki potensi tambang yang besar di wilayah perbatasan.

“Di Freeport itu juga mungkin ada cadangan-cadangan lain di perbatasannya dengan Papua Nugini, itu kan muncul. Makanya sekarang itu kita melakukan survei aeromagnetic,” ujar Calvin (Jubi/Arjuna)

 

Editor : dominggus a mampioper
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  TIGA KABUPATEN DI PAPUA MILIKI CADANGAN LOGAM TERBAIK