LPJ DANA GERBANGKU TIDAK DIBUAT, DUA KAMPUNG DI DISTRIK TABONJI DIPINALTI

share on:
Masyarakat dari kampung-kampung di Distrik Tabonji (Jubi/Ans)

Merauke, Jubi (20/11)— Kepala Badan Pemerintahan Kampung dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Merauke, Drs. Nikolaus Fredy Talubun mengatakan, dua kampung di Distrik Tabonji yakni Yeraha dan Iromoro,  tidak mendapatkan dana Gerakan Pembangunan Kampungku (Gerbangku) tahun 2013. Karena belum membuat  laporan pertanggungjawaban tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Fredy ketika ditemui tabloidjubi.com diruang kerjanya Rabu (20/11).  Menurutnya, dalam Juklak maupun Juknis seperti demikian. Sehingga tidak bisa diganggu gugat. “Staf saya sudah  bergerak ke dua kampung tersebut sekaligus meminta agar laporan pertanggungjawaban segera dibuat. Bahkan, berulang kali melalui kepala distrik disampaikan, namun tidak ditanggapi juga,” ungkap Talubun.

Dengan demikian, lanjut dia, dana untuk tahun ini senilai Rp 300 juta, tidak dapat dicairkan di bank. “Memang masyarakat telah dirugikan. Karena tidak adanya niat baik dari tim pengelola keuangan di kampung bersama aparatur setempat, membuat laporan. Sehingga otomatis dananya tak dapat dicairkan,” tegasnya.

Khusus untuk Kampung Wangambi, lanjut Fredy, ada kekhususan yang diberikan Bupati Merauke, Drs. Romanus Mbaraka, MT. Karena daerahnya sangat jauh dan sulit dijangkau.  Meski uangnya masuk kembali ke rekening, namun tetap diberikan khusus.

Lebih lanjut Fredy mengungkapkan, dari 160 kampung yang tersebar, hanya dua kampung yang tidak membuat Lpj sekaligus meneruskan ke tingkat kabupaten. Sedangkan  kampung lain  membuatnya dan dana mereka sedang dalam proses. Bahkan, sebagian kampung sudah mengambil sekaligus menjalankan berbagai kegiatan di tingkat kampung.
Ketua Fraksi Partai Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Fransiskus Ohoiwutun yang dimintai komentarnya mengatakan, tentunya langkah yang diambil oleh instansi terkait sangat beralasan untuk memblokir dana  bagi dua kampung tersebut.
“Ya, tentunya pencairan dana yang dilakukan, harus ada pertanggungjawaban tahun sebelum. Sehingga pada saat pemeriksaan, bukti-bukti tersebut dapat ditunjuk,” tandasnya. (Jubi/Ans)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  LPJ DANA GERBANGKU TIDAK DIBUAT, DUA KAMPUNG DI  DISTRIK TABONJI DIPINALTI