MAKS KABES : “SAYA PERNAH TOLAK BANSOS.”

share on:
Maks Kabes montir mobil yang pernah menolak bantuan sosial dari Dinas Sosial Provinsi Papua.”Saya menolak bukan karena mampu tetapi tak sesuai dengan proposal permohonan,”katanya.(Jubi/dam)

Jayapura, 23/11 (Jubi)Maks Kabes montir bengkel di Jalan SPG Waena mengatakan pada 2011 lalu dia pernah mengirim sebuah proporsal kepada Dinas Sosial Provinsi Papua untuk meminta bantuan peralatan bengkel dan kompresor.

“Kemudian mereka menjawab proporsal itu tapi tak sesuai dengan usulan saya, masa dorang bawa peralatan tambal ban. Padahal saya membuka bengkel mobil,”katanya kepada tabloidjubi.com Jumat(8/11).

Dia menambahkan usulan anggaran dalam proporsal sebesar Rp 90 juta guna melengkapi peralatan bengkel akhirnya tak jadi dipenuhi. “Meskipun mereka menawarkan pompa kompresor dan alat-alat tambal ban tetapi saya menolak karena tak sesuai dengan peruntukannya,”katanya. Ditegaskan sebaiknya pihak pemerintah memberikan bantuan sosial kepada mereka yang benar-benar membutuhkan bukan karena kedekatan dengan pihak pemberi Bansos.

Sementara itu Pelaksana Perwakilan KOMNAS HAM-Papua Frits Ramandey mengatakan pemberian Bantuan Sosial(Bansos) merupakan wewenang pemerintah untuk diberikan kepada lembaga maupun individu.

“Oleh karena itu lembaga atau pun individu harus memberikan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana bantuan sosial yang telah diperoleh dari pemerintah. Perwakilan Komnas HAM Papua juga mendapat bantuan sosial yang sifatnya bantuan sewaktu-waktu,”katanya.

Memang yang dikatakan Frits Ramandey ada benarnya sesuai dengan Permen No 32/2002 Bab IV Bantuan Sosial pasal 1 antara lain (1)Pemda dapat memberikan bantuan sosial kepada anggota/kelompok masyarakat sesuai kemampuan keuangan daerah.

Dikatakan pemberian bantuan sosial sebagaimana dimaksud pada ayat(1) dilakukan setelah memprioritaskan pemenuhan belanja urusan wajib dengan memperhatukan asas keadilan, kepatuhan, rasionalitas dan manfaat untuk masyarakat. (Jubi/dominggus a mampioper)

Editor :
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  MAKS KABES : “SAYA PERNAH TOLAK BANSOS.”