BAGI SELEBARAN,16 ANGGOTA KNPB DITANGKAP

share on:
Logo KNPB (Ist/Google)

Jayapura,25/11(Jubi)—-Juru Bicara Komite Nasiona Papua Barat, Wim Rocky Medlama mengatakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB), media perlawan rakyat Papua Barat untuk mentukan nasib sendiri, ditangkap polisi saat membagikan selebaran sepajang jalan Waena Abepura, Kota Jayapura, Papua, (25/11) sore ini.

“Pihak polda Papua melakukan penangkapan 16 teman, jam 3:30, baik anggota maupun pengurus KNPB,” tutur Wim Medlama kepada awak media lokal cetak mapun online dalam jumpa persnya di Halte Bus Perumnas Tiga, Waena malam ini.

Menurut Wim, penangakapan dilakukan saat anggota KNPB melakukan kegiatan bagi-bagi selebaran terkait aksi damai besok (26/11). “Aksi besok mendukung misi kujungan MSG ke Papua, peluncuran kantor OPM, Kantor Kampanye Sorong sampai Samarai, peresmian kantor OPM, Pertemuan ILWP dan IPWP di Morsby, Ibu kota PNG,” tuturnya.

Pengakapan ini tidak akan mengganggu agenda KNPB besok. KNPB akan turun ke jalan melakukan demo damai. “Kami tetap melakukan demo,” tegasnya. Soal penangkapan, penahanan, penganiaya dan pembunuhan, menurut Wim soal biasa, mereka tidak akan pernah mundur dengan tindakan teror psikologis itu.

“Penangkapan ini kan tindakan pra psikologi. Kami tidak takut dengan tindakan polisi. Kami ada untuk itu. Kami akan tetap turun,” tegas Wim Medalam kepada media.

Karena itu, besok, Wim hanya mendesak polisi melakukan pengamanan dari pada tangkap menangkap yang tidak akan pernah menyelesaikan persoalan. “Besok itu tidak ada halang menghalangi. Lebih baik polisi mediasi rakyat menyampaikan pendapat di muka umum,”

Kronologis penangkapan, menurut Wim terjadi dimulai pukul 12.
“Anggota KNPB melakukan kegiatan bagi-bagi selebaran dari perumnas III Waena ke Abepura. Mereka bagi dua jalur. Kiri dan kanan jalan. Sampai di Padangbulan, Abepura, tepatnya di jalan Masuk Poltekes, pihak keamanan yang sedang pantau menghadang dari depan. 6 motor dan mobil patroli. Terjadi negosiasi. Aparat menghendaki berhenti. Teman-teman ini melakukan demonstrasi itu damai jadi terus lanjut bagi-bagi selebaran. Tidak lama mobil Dalmas tiba. Teman-teman diseret ke mobil Dalmas. Tindakan yang tidak manusiawi,” kata Wim.

Namun menurut jubir KNPB ini, kabar terakhir yang diterimanya, 16 orang itu telah dibebaskan.

Kapolres Kota Jayapura, Alfred Papare, S.IK yang dikorfimasi Jubi mengatakan tidak tahu menahu tentang penangkapan itu. “Saya tidak tahu itu, setahu saya tidak ada yang ditangkap,” tutur Kapolresta Jayapura, AKBPB, Alfred Papare melalui pesan singkatnya. (Jubi/Mawel)

Editor : Victor Mambor
Sumber :
COPYRIGHT JUBI 2016
QR:  BAGI SELEBARAN,16 ANGGOTA KNPB DITANGKAP